Kementan: Tidak Benar Wamen Kena Tampar Menteri

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 18 September 2023 | 22:37 WIB
Ilustrasi Kementerian Pertanian (wikipedia)
Ilustrasi Kementerian Pertanian (wikipedia)

SinPo.id -  Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strakom, Setjen Kementerian Pertanian, Arief Cahyono, mengatakan tidak benar kehadiran Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi di Istana Negara.

Menurut dia, tidak mungkin ada agenda Ratas yang tidak melalui tata keprotokolan di Kementan, sehingga munculnya berita Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menampar Wamentan tidak sesuai dengan informasi yang terjadwal di agenda pimpinan Kementan.

“Kami sudah cek agenda Wamentan dalam 10 hari terakhir, tidak ada agenda beliau hadir mengikuti Ratas di istana mewakili Bapak Mentan SYL,” kata Arief Cahyono, dalam keterangannya pada Senin 18 September 2023.

Sebelumnya,  Ketua Harian Partai Gerindra, Dasco menilai adanya pihak-pihak yang iri dengan Koalisi Indonesia Maju usai Partai Demokrat memutuskan untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres). Salah satunya dengan melempar isu Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menampar seorang wakil menteri dalam rapat kabinet.

Menurut Dasco, isu tersebut dibuat oknum yang tak bertanggungjawab untuk menjatuhkan nama Prabowo. Namun menurutnya, rakyat sudah pintar memilah berita yang tersebar.

"Kami merasa kan rakyat sudah pintar nih, jadi ya kita mengimbau kepada kader-kader Gerindra maupun kader-kader KIM kita jangan terpancing dan jangan terprovokasi. Kita tetap bekerja untuk konsentrasi menghadapi pileg dan pilpres saja," ujar Dasco di, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 18 September 2023.

Penggiringan opini tersebut, sambung Dasco, tak berdasar dan tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Terlebih isu tersebut hanya digulirkan media yang tak terverifikasi.

"Teman-teman wartawan sebaiknya juga bisa langsung klarifikasi ke wamen yang bersangkutan, tapi kalau kami ya sudah terbiasa digitukan. Rakyat sudah pintar, kami fokus saja untuk menghadapi pileg dan memenangkan pilpres," ujar Dasco.

Dasco enggan menuding perihal siapa pihak yang memainkan isu tersebut. "Kita nggak mau nebak nebaklah, kita enggak terlalu pikirin," lanjutnya.

Diketahui, sebuah cuitan dari akun X yang dahulu dikenal dengan nama Twitter @narkosun. Dalam cuitannya, dia menyebutkan ada bacapres menampar dan mencekik seorang wamen.

"Ada Capres Nampar dan Cekik Wamen di Ruang Rapat?" tulis akun tersebut.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI