Polres Jakpus Terjunkan Satu SSK untuk Amankan Aset Museum Nasional

Laporan: Sinpo
Senin, 18 September 2023 | 21:36 WIB
Kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah (SinPo.id/ Humas Jakfire)
Kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah (SinPo.id/ Humas Jakfire)

SinPo.id - Tim MCB bekerja sama dengan kepolisian untuk memastikan proses investigasi dan inventarisasi barang bersejarah di Museum Nasional tetap aman. Hingga saat ini kepastian terkait kebakaran museum yang juga dikenal sebagai Museum Gajah itu masih dalam proses investigasi

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, tim keamanan yang terdiri dari 1 SSK, atau sekitar 80 personel, telah dikerahkan. Para personel diterjunkan untuk mengamankan aset Museum Nasional Indonesia, dan keseluruhan aset bersejarah di dalamnya.

"Proses hukum akan ditegakkan jika ditemukan potensi pelanggaran hukum dalam kejadian tersebut. Ini menunjukkan bahwa keamanan dan integritas koleksi bersejarah merupakan prioritas dalam penanganan kasus ini," ujar Komarudin dalam keterangannya, Senin, 18 September 2023.

Sementara itu, PLT Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya, Ahmad Mahendra menjelaskan, beberapa langkah harus diikuti dalam proses investigasi dan identifikasi benda bersejarah yang terkena dampak. Izin resmi baru diberikan untuk memasuki ruangan yang terdampak, yang memungkinkan tim untuk mengevaluasi dampak kebakaran dengan lebih rinci.

"Kolaborasi antara pihak berwenang dan tim MCB adalah langkah yang penting dalam menjaga keamanan dan merawat warisan budaya bangsa. Ini menggarisbawahi pentingnya melindungi dan merestorasi aset-aset bersejarah yang memiliki nilai tak ternilai bagi Indonesia," kata Mahendra

BERITALAINNYA
BERITATERKINI