Pengamat: Dukungan Partai Demokrat Buat Prabowo Semakin Mantap Melangkah

Laporan: Martahan Sohuturon
Senin, 18 September 2023 | 08:57 WIB
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyonon (SBY) mendatangi kediaman bakal capres KIM Prabowo Subianto pada Minggu, 17 September 2023. (SinPo.id/Dok. Demokrat)
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyonon (SBY) mendatangi kediaman bakal capres KIM Prabowo Subianto pada Minggu, 17 September 2023. (SinPo.id/Dok. Demokrat)

SinPo.id - Pengamat politik dari Indikator Politik Indonesia (IPI) Bawono Kumoro menyatakan bahwa dukungan Partai Demokrat akan membuat bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto semakin mantap dalam melangkah menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dukungan Partai Demokrat, menurutnya, juga menunjukkan figur Prabowo merupakan bakal capres yang diperhitungkan.

"Dukungan Partai Demokrat terhadap Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 tentu saja memiliki arti sangat penting, meski Partai Demokrat bergabung belakangan. Dukungan dari Partai Demokrat itu secara psikologis akan membuat Prabowo Subianto semakin mantap melangkah menuju gelanggang dari Pilpres 2024," kata Bawono lewat pesan singkat pada Senin, 18 September 2023.

Ia memandang, mendukung Prabowo merupakan langkah politik paling rasional yang bisa ditempuh oleh Partai Demokrat, selepas hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Pasalnya, Bawono bilang, Partai Demokrat memiliki catatan historis di Pemilu 2019 lalu dalam mendukung Prabowo Subianto. 

Menurut dia, relasi politik yang baik antara Prabowo dengan Presiden keenam RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memuluskan dukungan Partai Demokrat terhadap Prabowo.

"Relasi politik relatif sangt baik antara Prabowo Subianto dan SBY juga bisa memuluskan langkah politik tersebut," katanya.

Partai Demokrat mendukung Prabowo di Pilpres 2024 mendatang. Dukungan itu disampaikan usai jajaran elite Partai Demokrat mendatangi kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat pada Minggu, 17 September 2023.

Jajaran Demokrat dipimpin langsung SBY dan  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta Waketum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Kedatangan para petinggi Demokrat itu berlangsung seiring pertemuan parpol. Deklarasi dukungan Demokrat terhadap Prabowo kabarnya akan dilaksanakan pada pekan ini.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI