Empat Bulan Bertugas, Satgas TPPO Polri Tangkap 1.006 Tersangka

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 15 September 2023 | 17:52 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (SinPo.id/ Humas Polri)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Satgas TPPO Polri dan Polda jajaran berhasil meringkus 1.006 tersangka dari 838 laporan polisi terkait kejahatan perdagangan orang. Para tersangka diamankan dalam periode 5 Juni sampai 14 September 2023.

"Jumlah tersangka pada kasus TPPO sebanyak 1.006 orang dari 838 Laporan Polisi," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri dalam keterangan resminya, Jumat, 14 September 2023.

Menurut Ramadhan, Satgas TPPO Polri dan Polda jajaran juga berhasil menyelamatkan sebanyak 2.649 orang korban dari kejahatan ini.

"Korban TPPO yang diselamatkan sebanyak 2.649 orang," tuturnya.

Adapun modus para pelaku, kata dia, di antaranya diiming-imingi menjadi pekerja migran atau pembantu rumah tangga (PRT) sebanyak 521 kasus, ABK sebanyak 7 kasus, PSK sebanyak 279 kasus dan eksploitasi anak sebanyak 69 kasus. 

Ramadhan mengingatkan, agar masyarakat untuk tidak mudah tergiur dan percaya dengan tawaran kerja dengan gaji tinggi di luar negeri.

"Pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar masyarakat dapat memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan penyalur tenaga kerja tersebut resmi," ungkap dia.

Dia menambahkan, penindakan TPPO menjadi prioritas utama Polri dalam melindungi masyarakat dari ancaman kejahatan perdagangan orang. 

"Dengan kesigapan dan kerja keras, Polri berkomitmen untuk memberantas TPPO serta menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat," kata Ramadhan. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI