Partai Gelora Merapat ke Prabowo, Pengamat: Itu Langkah yang Bijak

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 15 September 2023 | 08:21 WIB
Bakal capres Prabowo Subianto bertemu dengan para ketua umum parpol pendukungnya di Pilpres 2024 mendatang. (SinPo.id/Dok. Media Center PAN)
Bakal capres Prabowo Subianto bertemu dengan para ketua umum parpol pendukungnya di Pilpres 2024 mendatang. (SinPo.id/Dok. Media Center PAN)

SinPo.id - Pengamat Politik, Bawono Kumoro menanggapi langkah Partai Gelora yang belakangan merapat ke Koalisi pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Menurut Bawono langkah tersebut diambil dengan sangat bijak mengingat partai Gelora baru mencicipi kontestasi Pemilu.

"Langkah partai Gelora merapat ke koalisi pendukung Prabowo bisa dibilang sangat bijak. Pasalnya, konstituen Gelora yang notabene juga penggemar Anis Matta dan Fahri Hamzah mayoritas suka dengan Prabowo," kata Bawono saat dikonfirmasi pada Jumat, 15 September 2023.

Bawono menyebut, Prabowo yang belakangan banjir dukungan dari para Parpol  pemerintah tak lepas dari sosok mantan Danjen Kopassus itu yang mahir membina hubungan politik. Terlepas dari perginya PKB, Prabowo justru mampu memainkan peran sehingga banyak menuai simpatik dari para elite politik.

Apalagi, kata Bawono, dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi juga kerapkali mempromosikan menteri pertahanan tersebut sebagai calon presiden potensial dalam pemilihan presiden mendatang

"Pandangan positif elite politik dan publik terhadap Prabowo Subianto sebagai figur paling cocok dalam melanjutkan program-program kebijakan Presiden Joko Widodo juga terbentuk dari sikap dukungan secara langsung dari Presiden Joko Widodo sendiri," ucap dia.

Merujuk pada emuan survei dari Indikator Politik Indonesia selama beberapa bulan terakhir, elektabilitas dari ketua umum Partai Gerindra tersebut terus menunjukkan tren positif. Hal ini berimplikasi langsung dengan lonjakan elektabilitas Prabowo seiring mendekatnya pemilu.

"Karena itu tidak mengherankan apabila secara perlahan-lahan prabowo mulai berhasil menuai dukungan dari sebagian pemilih Joko Widodo di pemilu terdahulu," tukas dia.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI