perang rusia ukraina

Ukraina Serang Kapal Angkatan Laut Rusia di Krimea, Puluhan Orang Terluka

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 14 September 2023 | 08:54 WIB
Kondisi usai serangan Ukraina terhadap kapal angkatan laut Rusia di dekat kota Sevastopol di Krimea, pada Rabu, 13 September 2023 (SinPo.id/AP)
Kondisi usai serangan Ukraina terhadap kapal angkatan laut Rusia di dekat kota Sevastopol di Krimea, pada Rabu, 13 September 2023 (SinPo.id/AP)

SinPo.id -  Puluhan orang dilaporkan terluka akibat serangan Ukraina terhadap kapal angkatan laut Rusia yang terletak di dekat kota Sevastopol di Krimea, pada Rabu, 13 September 2023, pagi hari. Serangan tersebut merupakan serangan terbesar terhadap kota yang menampung Armada Laut Hitam Rusia.

"Kami mengonfirmasi sebuah kapal pendarat besar dan kapal selam milik Rusia terkena serangan," kata kata pejabat intelijen militer Ukraina, Andriy Yusov, dilansir dari Fox News, Kamis 14 September 2023.

Serangan tersebut juga dikonfirmasi oleh Rusia, yang mengatakan pasukan Ukraina menggunakan 10 rudal jelajah dan drone laut untuk menyerang kapal yang sedang diperbaiki di pelabuhan dan menyerang kapal di laut. Akibatnya, dua kapal perang rusak dan puluhan orang lainnya terluka.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan tujuh dari rudal jelajah tersebut ditembak jatuh, sementara drone laut dihancurkan oleh pasukan Rusia.

Rusia juga menyampaikan bahwa kedua kapal perang yang rusak akibat serangan tersebut diperkirakan akan segera pulih sepenuhnya dan akan terus bertugas dalam pertempuran sebagai bagian dari armada mereka.

Meski tak jelas jenis rudal apa yang digunakan dalam serangan itu, hal itu menunjukkan Ukraina telah meningkatkan kemampuan serangan dalam beberapa bulan terakhir untuk mencapai sasaran angkatan laut Rusia.

Terlebih Ukraina juga telah menerima bantuan miliaran dolar dari negara-negara Barat sejak Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi besar-besaran ke negara tersebut tahun lalu. Termasuk bantuan berupa senjata canggih yang membantu Ukraina melawan pasukan Rusia.

gubernur Sevastopol, Mikhail Razvozhayev yang dilantik Moskow, mengatakan melalui Telegram bahwa 24 orang terluka dalam serangan itu. Namun, semua layanan darurat masih bekerja di lokasi tersebut.

Sevastopol adalah kota terbesar di Krimea yang diduduki Rusia, dan dianeksasi dari Ukraina sejak tahun 2014 dan berfungsi sebagai pangkalan Armada Laut Hitam Rusia.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI