Malaysia Serukan Tindakan Keras Terhadap Junta Myanmar dalam KTT ASEAN

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 05 September 2023 | 13:15 WIB
Menteri Luar Negeri Malaysia, Zambry Abdul Kadir. (SinPo.id/The Star)
Menteri Luar Negeri Malaysia, Zambry Abdul Kadir. (SinPo.id/The Star)

SinPo.id -  Malaysia menyerukan tindakan keras terhadap para jenderal Myanmar, dengan mengatakan mereka telah menciptakan hambatan yang menghalangi rencana untuk memulihkan perdamaian di Myanmar. 

Pesan blak-blakan dari Malaysia tersebut disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, di tengah ketegangan akibat kudeta yang dilakukan oleh Junta Myanmar. 

“Malaysia dan negara-negara anggota lainnya menyampaikan pandangan mereka bahwa kita tidak bisa membiarkan hal ini terus berlanjut tanpa tindakan tegas dan efektif yang diterapkan pada junta,” kata Menteri Luar Negeri Malaysia, Zambry Abdul Kadir, dilansir dari Al Jazeera, Selasa 5 September 2023. 

Namun pihaknya tidak menyebutkan nama anggota ASEAN lainnya yang memiliki pandangan yang sama dengan Malaysia, untuk mengakhiri krisis di Myanmar setelah pemerintahan terpilih Myanmar Aung San Suu Kyi dikudeta pada bulan Februari 2021. 

Seperti diketahui, Myanmar bergabung dengan ASEAN di bawah rezim militer sebelumnya pada tahun 1997, namun penggulingan pemerintahan Aung San Suu Kyi setelah periode reformasi terbukti menjadi tantangan besar bagi ASEAN.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI