Demokrat Tegaskan Tak Bohong Soal Rencana Deklarasi Anies-AHY

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 04 September 2023 | 19:12 WIB
Kepala BPOPKK Partai Demokrat Herman Khaeron (SinPo.id/ Ari Harahap)
Kepala BPOPKK Partai Demokrat Herman Khaeron (SinPo.id/ Ari Harahap)

SinPo.id - Partai Demokrat menegaskan ada pembahasan rencana deklarasi capres dan cawapres Koalisi Perubahan untuk Perubahan (KPP) pada awal September 2023. Pembahasan itu berlangsung di Cikeas pada Jumat, 25 Agustus 2023.

"Ada, ada (bahasan deklarasi capres cawapres). Saya ada di tempat di sana. Ada pembahasan awal September, ada," kata Kepala BPOPKK Partai Demokrat Herman Khaeron di DPP Demokrat, Jakarta, Senin, 4 September 2023.

Herman mengatakan deklarasi capres cawapres bahkan telah digodok Tim 8 KPP. Tim 8 KPP bahkan memetangkan persiapan pelaksaaan deklarasi pada awal September 2023.

"Kan digodok, dimatangkan di Tim 8. Tim 8 kan sudah mematangkan untuk bisa dijalankan deklarasi itu awal September," kata dia.

Herman menekankan informasi yang disampaikan Demokrat merupakan kejadian yang sebenarnya. Dia membantah jika Demokrat menyebarkan berita bohong terkait informasi tersebut seperti yang ditudingkan Partai NasDem.

"Jadi memang ya peristiwa-peristiwa itu yang disampaikan dalam kronologis peristiwa oleh Sekretaris Jenderal ya memang itu ada, dan Demokrat ya apa adanya, itulah ya," kata dia.

Sebelumnya, NasDem dan Anies memutuskan memilih Cak Imin sebagai cawapres untuk Pilpres 2024. Demokrat menyebut keputusan memilih Cak Imin sebagai cawapres itu dilakukan secara sepihak, tidak ada komunikasi yang dilakukan NasDem dan Anies kepada anggota KPP.

Atas hal tersebut, Demokrat kemudian menyatakan mundur dari KPP. Dengan begitu, Demokrat tak lagi menjadi partai politik (parpol) pendukung Anies.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI