Menhan Ukraina Dipecat Karena Terjerat Korupsi

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 04 September 2023 | 13:07 WIB
Oleksii Reznikov (Sinpo.id/Gettyimages)
Oleksii Reznikov (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengumumkan bahwa ia telah menggantikan Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov dengan Rustem Umerov. Reznikov dipecat karena bertanggung jawab atas dana privatisasi utama Ukraina.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam video pidato malam yang menandakan adanya perombakan besar-besaran dalam pertahanan militer Ukraina pada masa perang.

“Saya memutuskan untuk mengganti menteri pertahanan Ukraina. Oleksii Reznikov telah melalui lebih dari 550 hari perang skala penuh,” kata Zelenskyy, dilansir dari VoA, Senin 4 September 2023.

“Saya yakin kementerian memerlukan pendekatan baru dan format interaksi lain dengan militer dan masyarakat secara keseluruhan,” sambungnya.

Reznikov telah memainkan peran penting dalam mengamankan bantuan militer Barat senilai miliaran dolar untuk membantu upaya perang. Namun selama itu pula Kementerian Pertahanan ternoda oleh adanya kasus korupsi yang melibatkan Reznikov.

Menanggapi kasus tersebut, Zelensky langsung menjadikan pemberantasan korupsi dan transaksi keuangan terlarang di antara para pejabat dan pengusaha sebagai prioritas. Ia juga menyebut korupsi pada masa perang sebagai sebuah pengkhianatan.

Bahkan sebelumnya, pada hari Sabtu, salah satu orang terkaya di Ukraina, Ihor Kolomoisky, juga ditahan karena dicurigai melakukan penipuan dan pencucian uang. Tetapi Kolomoisky membantah melakukan kesalahan.

Sementara itu, Gedung Putih memuji kemajuan yang dicapai Ukraina dalam memerangi korupsi dan menjaga otonomi lembaga-lembaga penting pemerintah. Terutama dalam menangani kasus korupsi yang dilakukan selama perang.sinpo

Komentar: