PKS Tegaskan Tetap di KPP Meski Anies 'Dicap' Sebagai Pengingkar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 02 September 2023 | 11:22 WIB
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (SinPo.id/Dok. PKS)
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (SinPo.id/Dok. PKS)

SinPo.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipastikan tetap berada di barisan pendukung calon presiden (capres) Anies Baswedan meski Demokrat hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

PKS bahkan konsisten bersama Partai NasDem meski Anies dicap sebagai seorang pengkhianat dan pengingkar Piagam KPP oleh Demokrat. PKS juga mendukung keputusan Anies sekalipun tak diajak dialog dalam memutuskan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres.

"PKS bersama Mas Anies sejak awal. Hingga kini keputusan Majelis Syuro tidak berubah. Mendoakan semua selalu dalam kebaikan untuk membangun bangsa," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 1 September 2023.

Sebelumnya, rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat memutuskan keluar dari KPP. Artinya, Demokrat sah tak lagi mendukung Anies sebagai capres.

Langkah ini diputuskan setelah Partai NasDem dan Anies dianggap melakukan pengkhianatan dengan memilih Cak Imin sebagai cawapres tanpa adanya dialog dengan anggota KPP yang lain.

Tak hanya itu, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku bersyukur dengan tebongkarnya manuver politik Partai NasDem yang menduetkan Anies dengan Cak Imin. Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu mengaku diperlihatkan karakter Anies yang sebenarnya, yaitu sebagai seorang pengikar.

"Apa yang saya maksudkan? Kita tidak diizinkan oleh Allah untuk mendukung seseorang dan untuk bermitra dengan orang yang lain, yang kalau kita teladani akhlak pemimpin-pemimpin besar bagi yang beragama Islam, akhlak Rasulullah," kata SBY di Cikeas, Jumat, 1 September 2023.

"Yang kita rasakan sekarang ini, mereka tidak sidiq, tidak jujur, tidak amanah, berarti tidak bisa dipercaya, dan mengingkari hal-hal yang telah disepakati. Tidak memegang komitmen dan janji-janjinya," timpalnya.

Sementara itu, DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar memastikan deklarasi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar digelar Sabtu, 2 Septembee 2023. Deklarasi digelar di Hotel Majapahit Surabaya.

Deklarasi ini akan dihadiri langsung oleh Anies dan Cak Inin. Selain itu, bakal hadir pengurus Partai NasDem.sinpo

Komentar: