Jokowi Sebut Penanganan Polusi Udara Jakarta Perlu Waktu, Tak Bisa Langsung

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 30 Agustus 2023 | 17:52 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut penanganan polusi udara di Ibu Kota Jakarta memerlukan waktu, dan tidak akan berjalan optimal bila tidak dilakukan secara bersama-sama.

"Saya kira memang perlu kerja total, kerja bersama-sama tetapi memerlukan waktu, enggak bisa langsung," kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu 30 Agustus 2023.

Jokowi juga menyebut peran aktif masyarakat merubah gaya hidup dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi massal menjadi salah satu kunci utama mengurangi pencemaran udara di Jakarta.

"Ya ini dibutuhkan usaha bersama-sama semuanya dan yang dilakukan juga semuanya harus melakukan perpindahan dari trasnportasi pribadi ke transportasi publik, ke transportasi massal," ujarnya.

Selain itu, Jokowi menyebut penanaman pohon sebanyak-banyaknya di halaman perkantoran yang berada di wilayah Jakarta juga dirasa penting untuk mengurangi polusi udara.

"Penanaman pohon sebanyak-banyaknya di kantor-kantor, di halaman kantor-kantor yang belum ada pohonnya diwajibkan dan diharuskan," papar Jokowi.

Sementara itu, Jokowi membeberkan usaha yang telah dilakukan pemerintah dalam penanganan polusi udara di Jakarta diantaranya melakukan modifilasi cuaca hingga pengawasan terhadap bebeapa industri di sekitar Ibu Kota.

"Kemudian kita juga telah melakukan modifikasi cuaca TMC, itu juga usaha. Work from home juga dilakukan, pengawasan kepada industri, PLTU, semuanya sekarang ini dilakukan. Kepada sepeda motor, mobil, kita cek semuanya emisinya," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI