Prabowo Umumkan Nama Koalisi Parpol Pendukungnya: Koalisi Indonesia Maju

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 28 Agustus 2023 | 21:43 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengumumkan bahwa nama koalisi partai politik pengusungnya untuk maju sebagai bakal calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 adalah Koalisi Indonesia Maju.

Nama itu diumumkan Prabowo dalam pidato politiknya di acara HUT ke-25 Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Sultan, Jakarta pada Senin, 28 Agustus 2023 malam.

"Kami sepakat koalisi ini, kami beri nama Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo.

Koalisi Indonesia Maju mirip dengan nama kabinet di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf saat ini, yakni Kabinet Indonesia Maju. 

Prabowo bilang, telah berembuk dengan para ketua umum partai koalisi untuk menetapkan nama tersebut.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu pun menegaskan komitmennya untuk meneruskan program strategis pemerintahan Presiden Jokowi. Prabowo memuji pemikiran dan program Presiden Jokowi yang dianggap berhasil hingga saat ini.

"Dan pemikiran-pemikian beliau benar dan berhasil sampai sekarang dan untuk itu lah saya sepenuh hati saya ingin teruskan perjuangan beliau dan bersmaa tim kita," kata Prabowo.

Sebagai informasi, koalisi parpol pengusung Prabowo sebagai bakal capres 2024 sebelumnya bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Koalisi itu hanya beranggotakan dua parpol, Gerindra serta PKB. 

Beberapa waktu lalu, jumlah parpol pendukung Prabowo sebagai bakal capres 2024 bertambah dua, yakni Golkar dan PAN. Parpol non parlemen, PBB pun telah menyatakan mendukung Prabowo sebagai bakal capres 2024.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI