Pj Gubernur DKI Ajak Pemda Penyangga Ibu Kota Beli Kendaraan Listrik Untuk Tekan Polusi

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 28 Agustus 2023 | 22:27 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (SinPo.id/Setkab)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak pemerintah daerah (Pemda) penyangga Ibu Kota agar beralih ke kendaraan listrik. Langkah tersebut sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Hal itu disampaikan Heru usai mengikuti rapat kabinet terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait peningkatan kualitas udara di kawasan Jabodetabek di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Kami sampaikan didalam rapat saya juga minta pemerintah daerah lainnya misalnya Bogor, Bekasi, Depok untuk tutut serta juga membeli kendaraan listrik artinya tidak semata-mata DKI saja," kata Heru dalam konferensi persnya, Senin 28 Agustus 2023.

Dalam rapat tersebut, Heru mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Prmprov) DKI Jakarta juga diminta Presiden Jokowi untuk menambah pengoperasian angkutan umum bertenaga listrik.

"Salah satu yang ditugaskan kepada kami adalah supaya bisa mempercepat transisi kendaraan (listrik) khususnya Transjakarta," ujarnya.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu mengaku masih menghitung kemampuan anggaran yang dimiliki Pemprov DKI untuk menambah  armada Transjakarta berbahan bakar listrik.

"Jadi kami diminta untuk menambah tahun depan 2024, namun kami sedang hitung kemampuan dari APBD DKI," tandasnya.

Sebelumnya, Heru juga mengungkapkan arahan Presiden Jokowi terkait penanganan polusi di Jabodetabek. Jokowi menginstruksikan penanaman pohon-pohon besar di area gedung tinggi dan seluruh Pemda di Jabodetabek.

"Semua gedung tinggi yang berada di Jakarta akan kami kumpulkan wajib apa yang diarahkan ibu Menteri LHK tadi disampaikan Pak Presiden memerintahkan kita untuk secepatnya se-Jabodetabek menanam pohon," ujar Heru.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI