Pj Gubernur DKI Minta Pengelola Gedung Tinggi di Jakarta Siram Jalan dari Atap

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 28 Agustus 2023 | 18:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (SinPo.id/Khaerul Anam)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (SinPo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta para pengelola gedung tinggi di Jakarta agar melakukan penyiraman air dari atas atap gedung.

Penyiraman air dari atas gedung itu sebagai upaya dalam menangani kualitas udara buruk di Jakarta yang tidak sehat.

"Saya minta nanti ada beberapa pengelola gedung, terutama pemda, kementerian, dan BUMN untuk melakukan water mist. Jadi sudah bersepakat semuanya gedung tinggi di DKI Jakarta akan melakukan itu," kata Heru kepada wartawan di Jakarta pada Senin, 28 Agustus 2023.

Heru mengatakan pihaknya masih membahas teknis water mist yang akan dilakukan gedung-gedung di Jakarta. Menurutnya, rencana soal penyiraman massal itu juga telah dibahas sebelumnya dengan beberapa kementerian terkait.

Sementara itu, Heru menyebut soal mekanisme penyiraman nantinya akan disampaikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

"Tinggal nanti pak Asep di sini sampaikan konsepnya itu panduan harus ada sehingga nanti ketika kita kumpulkan pemilik gedung tinggi itu sudah ada," tandasnya.

Sebagai informasi, upaya mengatasi polusi udara dengan menyemprotkan air ke jalan sebelumnya sudah dilakukan oleh para petugas pemadam kebakaran (damkar).

Selain itu, aparat kepolisian juga turut membantu dengan menyemprotkan air ke jalan-jalan ibu kota menggunakan mobil water cannon.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI