Parlemen Hanoi Vietnam Sambangi DPRD DKI, Ingin Contoh MRT Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 08 Agustus 2023 | 15:47 WIB
Parlemen Hanoi Vietnam menjajal MRT Jakarta. (SinPo.id/Dok. DPRD DKI)
Parlemen Hanoi Vietnam menjajal MRT Jakarta. (SinPo.id/Dok. DPRD DKI)

SinPo.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Hanoi, Vietnam menggelar kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Provinsi DKI Jakarta dalam rangka konsultasi pembangunan kereta moda raya terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT).

Ketua DPRD Kota Hanoi, Mr Nguyen Ngoc Tuan mengatakan, pihaknya saat ini sedang merencanakan pembangunan kereta MRT untuk mengatasi kemacetan di Kota Hanoi.

"Kami datang ke Jakarta untuk melihat dan menjadikan kereta MRT Jakarta sebagai salah satu contoh agar nantinya fasilitas serupa dapat dibangun di Kota Hanoi," ujar Nguyen dalam keterangannya yang diterima pada Selasa, 8 Aguatus 2023.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Nguyen bersama anggota parlemen Kota Hanoi juga menjajal MRT Jakarta secara langsung ditemani oleh anggota dewan DPRD DKI Jakarta.

“Saya mencoba kereta MRT Jakarta, saya ingin melihat sendiri untuk belajar,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Karyatin S menambahkan, dengan adanya kunjungan kerja tersebut, diharapkan MRT Jakarta bisa menjadi contoh yang representatif untuk diterapkan di Hanoi.

“Semoga MRT Jakarta bisa menjadi contoh yang baik, serta dapat mengurangi kemacetan di kota Hanoi Vietnam,” paparnya.

Karyatin menambahkan, kondisi geografis dan kebiasaan warga Jakarta dan Hanoi memiliki kesamaan, sehingga rencana implementasi MRT Jakarta di Hanoi juga diharapkan berhasil.

“Semoga kesamaan kontur tanah dan kebiasaan masyarakat, maka akan banyak kesamaan yang bisa didapatkan sebagai pembelajaran untuk diterapkan di Hanoi,” tandasnya.sinpo

Komentar: