Ratusan Rumah Runtuh dan Puluhan Orang Terluka Akibat Gempa di China Timur

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 07 Agustus 2023 | 09:30 WIB
Rumah-rumah runtuh akibat gempa di China Timur (Sinpo.id/AFP)
Rumah-rumah runtuh akibat gempa di China Timur (Sinpo.id/AFP)

SinPo.id -  Gempa bumi berkekuatan 5,5 SR yang melanda China Timur telah menyebabkan 126 rumah runtuh dan melukai sedikitnya 21 orang. Namun hingga kini belum ada laporan adanya korban jiwa akibat gempa.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (AS), pusat gempa yang terjadi pada hari Minggu kemarin pukul 2:33 pagi, di dekat kota Dezhou yang berpenduduk 5,6 juta orang, dan berada sekitar 300 kilometer dari selatan Beijing, ibu kota China.

"Semakin dekat ke permukaan gempa, semakin kuat Anda akan merasakannya," kata ahli geofisika di Pusat Informasi Gempa Nasional Survei Geologi AS, Abreu Paris, dilansir dari VoA, Senin 7 Agustus 2023.

Berdasarkan video yang disiarkan oleh TV pemerintah, penduduk Dezhou terlihat berlari keluar setelah gempa, dan mereka duduk di trotoar dalam kegelapan subuh. Sementara video di media sosial menunjukkan batu bata yang runtuh dari dinding bangunan yang retak.

Selain itu, kantor berita resmi China News Service, melaporkan bahwa pemerintah telah mematikan layanan gas di beberapa daerah karena kerusakan pipa. Termasuk memeriksa jalur kereta yang diduga mengalami kerusakan.

Getaran gempa juga dirasakan di beberapa bagian di Beijing, tetapi pihak berwenang mengatakan tidak ada kerusakan akibat gempa yang ditemukan di ibu kota.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI