AHY Desak Anies Segera Umumkan Nama Bakal Cawapres

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 18 Juli 2023 | 17:08 WIB
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Ashar/SinPo.id)
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendesak bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan segera mendeklarasikan bakal calon wakil presiden (cawapres).

Hal itu diutarakan AHY usai bertemu dengan Forum Silaturahmi Komunikasi Ulama Kiai dan Habaib se-Indonesia (Forsikuhabin) di Jakarta Selatan.

"Memang langkah pertama yang harus terwujud adalah deklarasi dulu (Cawapres), setelah itu ada tim besar, pemenangan bersama, ada komando-komando yang dijalankan dan bisa diikuti oleh semua pihak. Kira-kira begitu tahapan umumnya," kata AHY dalam keterangannya, Selasa 18 Juli 2023.

AHY mengingatkan, deklarasi bakal cawapres pendamping Anies harus segera dilakukan, mengingat waktu pemilihan umum semakin dekat. 

"Yang jelas kita saat ini berkejaran dengan waktu dan sesegera mungkin bisa terjadinya deklarasi pasangan mewakili gerakan perubahan ini, semakin baik, maka rakyat juga semakin yakin dan semakin cepat bergerak juga," ujarnya.

Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini berharap agar Anies tidak mengulur-ngulur waktu deklarasi Cawapres. 

"Nah di sini kita berharap nggak lama lagi, mudah-mudahan beberapa waktu ke depan ada kabar yang lebih baik lagi," ujar AHY.

Seperti diketahui, Anies belum juga memutuskan sosok bakal cawapres yang hendak mendampinginya untuk menghadapi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Terakhir, anggota Tim Delapan KPP Sugeng Suparwoto menyampaikan bahwa satu nama bakal cawapres pendamping sudah berada di kantong Anies.

"Soal pembahasan cawapres sudah dapat dikatakan selesai. Nama-nama yang diusulkan oleh partai koalisi dan masukan masyarakat telah selesai kami kaji secara mendalam. Satu nama sudah di kantong bacapres Anies, mari kita tunggu siapa tahu sekembali Pak Anies dari ibadah haji akan ditentukan momentum terbaik untuk mendeklarasikan pasangan capres-cawapres Koalisi Perubahan," ungkap Sugeng.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI