Soal Gus Muhaimin Jadi Cawapres Prabowo, Pengamat: Cocok!

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 18 Juli 2023 | 11:45 WIB
Potret kedekatan Prabowo dan Muhaimin (Sinpo.id/Tim Media)
Potret kedekatan Prabowo dan Muhaimin (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menyoroti keinginan relawan Prabowo Mania yang menyodorkan nama Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Bawono, usulan tersebut sangat realistis mengingat pria yang akrab disapa Gus Muhaimin itu punya basis masa yang kuat di Jawa Timur, khususnya dari kalangan santri.

"Cocok! Menggandeng Muhaimin Iskandar melalui koalisi Partai Gerindra dan PKB juga berpotensi memperluas dukungan basis massa dari pemilih Muslim terutama kalangan Nahdatul Ulama," kata Bawono kepada Sinpo.id, Selasa, 18 Juli 2023.

Jika hal itu benar terjadi, maka suara Prabowo akan semakin kuat mengingat para pendukung Prabowo masih solid sejak 2 periode Pilpres sebelumnya.

"Sangat penting untuk bisa dapat memperkuat dukungan basis massa pemilih Muslim tradisional Nahdatul Ulama notabene adalah organisasi keagamaan besar di Indonesia," kata dia.

Koalisi Gerindra-PKB sendiri merupakan koalisi paling ideal sejauh ini. Pasalnya, koalisi lain yang sejauh ini terbentuk belum ada yang bisa menandingi.

"Karena itu tidak mengherankan apabila sejumlah pihak menilai koalisi Partai Gerindra-PKB sebagai koalisi ideal," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Prabowo Mania 08 Immanuel Ebenezer alias Noel bersua dengan PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, malam ini, Senin, 17 Juli 2023.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan dukungan Prabowo Mania 08 kepada Cak Imin untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut Noel, selain berasal dari Jawa Timur, Cak Imin juga merupakan tokoh tersohor dari Nahdlatul Ulama. Ia mengatakan hal tersebut jadi penting mengingat pertarungan Pemilihan Umum 2024 mendatang sedianya berada di Jawa Timur. 

“Selain Cak Imin Jawa Timur, ada NU-nya,” kata Noel di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin, 17 Juli 2023.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI