Puan Apresiasi Paduan Suara Anak TRCC yang Toreh Prestasi di Panggung Dunia

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 18 Juli 2023 | 10:45 WIB
The Resonanz Children's Choir atau TRCC (Sinpo.id/TRCC)
The Resonanz Children's Choir atau TRCC (Sinpo.id/TRCC)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, memberikan apresiasi terhadal paduan suara anak-anak The Resonanz Children’s Choir (TRCC) yang berhasil menorehkan prestasi di panggung dunia, dengan meraih juara umum pada Leonardo Da Vinci International Choral Festival.

“Saya mengucapkan selamat atas pencapaian paduan suara anak-anak The Resonanz di ajang internasional, ukir terus prestasi yang akan mengharumkan nama negeri di dunia internasional,” kata Puan, dikutip Selasa 18 Juli 2023.

“Kami di DPR juga akan terus mendorong Pemerintah untuk mendukung perwakilan Indonesia dalam berbagai ajang kompetisi internasional,” sambungnya.

Selain mendapatkan gelar Grand Prix dalam ajang tersebut, TRCC juga meraih juara Kategori D (Children's Choir) dengan nilai 94,3 dan juara kategori G (Popular, Folk, Gospel, Barbershop, Jazz, and Modern Ensemble) dengan nilai 95,5. Bahkan TRCC juga menyabet penghargaan sebagai kategori koreografi terbaik.

Dalam ajang tersebut, TRCC mempersembahkan lagu yang dikomposeri Fero Aldiansya Stefanus dengan judul Mejikuhibiniu serta lagu daerah Minang, Tak Tong Tong. Penampilan TRCC juga didukung dengan baju adat tradisional Minang yang mereka kenakan.

“Saya selalu bangga apabila ada anak bangsa yang membawa budaya kita melangkah jauh di dunia. Ini juga menjadi ajang mengenalkan nilai budaya kita, yang tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri di mata masyarakat dunia,” ungkapnya.

Selain itu, Puan juga mengaku terkesan dengan proses terbentuknya grup paduan suara TRCC. Pasalnya, proses seleksi dilakukan saat masa Pandemi Covid-19, yang tidak memungkinkan para anak-anak melakukan audisi bertatap muka.

“Ini adalah salah satu bukti bahwa anak bangsa tetap bisa berkarya di tengah keterbatasan situasi dan kondisi. Di mana ada kemauan, selalu ada jalan untuk menuju keberhasilan. Ini patut dicontoh oleh generasi muda yang lain agar terus berkarya dalam keadaan apapun," tuturnya.

Seperti diketahui, TRCC merupakan paduan suara yang berisikan anak-anak bangsa dengan rentan usia antara 5 sampai 17 tahun. Pada tahun 2022, TRCC juga berhasil meraih dua gelar juara, yaitu Gold Medal & Champion dalam kategori Children’s Choir dan Gold Medal & Champion pada kategori Folksong dalam ajang paduan suara yang bertajuk 11th Bali International Choir Festival (BICF).

BERITALAINNYA
BERITATERKINI