Kukar Festival Jadi Ajang Pengenalan Budaya ke Generasi Muda

Laporan: Rias Audis
Jumat, 14 Juli 2023 | 14:58 WIB
Suasana gelaran FKBN 2023 (Sinpo.id/Bappeda Kaltim)
Suasana gelaran FKBN 2023 (Sinpo.id/Bappeda Kaltim)

SinPo.id -  Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) menjadi ajang pengenalan budaya khususnya bagi generasi muda. Sejumlah kesenian tradisional khas Kutai Kartanegara (Kukar) ditampilkan dalam satu festival yang berlangsung di Kota Raja, Tenggarong.

Dikutip dari Diskominfo Kalimantan timur, masyarakat antusias menyambut adanya festival budaya tersebut. Salah seorang pengunjung Rani mengaku senang dan berharap acara serupa bisa terus diletarikan pemda setempat.

"Setiap kali TIFAF atau Kukar Budaya Festival digelar, saya selalu hadir tanpa absen. Tentunya saya bangga dan sangat senang bisa mengenal beragam kebudayaan," ujar Rani.

Senada dengan Rani, pengisi pertunjukan yang berasal dari Bali, Novi juga berharap agar festival serupa bisa terus ada dan semakin meriah di tahun-tahun berikutnya.

“Acaranya sangat seru sekali, karena melalui acara ini kita bisa mengenal budaya-budaya Indonesia melalui satu event. Harapan saya ke depannya acara ini semakin meriah dan ditingkatkan, serta bisa mengundang lebih banyak partisipan lagi. Keren!" kata Novi.

Sebagai informasi, festival ini menarik pengunjung dari berbagai daerah di seluruh negeri dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke Kukar.

Dalam festival itu, para pelancong akan diberi kesempatan untuk merasakan seni pertunjukan yang penuh warna serta belajar tentang berbagai budaya berbeda yang berasal dari Indonesia, mulai dari kuliner, tari-tarian dan berbagai macam kerajinan tangan hasil produksi anak bangsa.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI