KASAD Award 2023 Apresiasi Kerja Media Menjaga Persatuan

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 10 Juli 2023 | 23:06 WIB
KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman (Sinpo.id)
KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman (Sinpo.id)

SinPo.id -  KASAD Award 2023 menjadi ajang apresiasi kerja media dalam proses menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal ini, KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman bahwa peran media punya andil menjaga persatuan bangsa.

"Media berperan sebagai ujung tombak untuk mempersatukan persatuan bangsa ini sekali lagi saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin, 10 Juli 2023.

Dudung menjelaskan bahwa ke depannya KASAD Award akan terus dikembangkan, terutama media televisi.

"Ke depan nanti akan kita kembangkan lagi bagaimana dalam penghargaan kepada media televisi dan sebagainya," kata dia.

Sebagai informasi, KASAD Award merupakan inisiatif dari pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memberikan apresiasi kepada media yang mengangkat sepuluh isu strategis dalam pemberitaan mereka.

Sepuluh isu strategis yang menjadi kategori penilaian ini dianggap penting karena merupakan bagian dari program prioritas pemerintah dan menjadi perhatian masyarakat.

Sebanyak 10 media nasional, 10 media daerah, dan 4 media kampus berhasil menjadi pemenang penghargaan tersebut. Proses penyaringan pemenang ini dilakukan setelah dewan juri melakukan penyaringan terhadap tiga juta artikel yang masuk.

10 kategori yang dilombakan dalam KASAD Award 2023 adalah keberagaman dan toleransi, melawan radikalisme, pengarusutamaan gender, inovasi digital, solidaritas internasional, TNI AD di tengah kesulitan rakyat, pembangunan di daerah 3T, perlindungan anak, menekan stunting, dan pelestarian kebudayaan

Adapun 3 juta artikel yang disaring itu berasal dari 221 media. Panitia KASAD Award kemudian menyaring lagi berdasarkan nama-nama perusahaan media yang terverifikasi di Dewan Pers, kecuali media kampus, dan jumlah pemberitaan sesuai kategori tadi. Kemudian tercatat 72 media yang masuk tahap final dengan 2.030 naskah yang dinilai oleh dewan juri.
sinpo

Komentar: