Rapat dengan DPR, Kakorlantas Keluhkan Jumlah Kamera e-TLE

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 05 Juli 2023 | 20:50 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (SinPo.id/ Ashar)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengeluhkan jumlah kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE) yang minim. Ini disampaikan Firman saat rapat bersama Komisi III DPR RI.

"Kami laporkan kepada Bapak dan Ibu peserta rapat sekalian bahwa sampai hari ini jumlah kamera e-TLE adalah 433 untuk yang statis, 5 untuk weight in motion atau untuk penimbangan yang bersifat mobile. Kemudian, 806 mobile handheld, 65 mobile on board," kata Firman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 5 Juli 2023.

Firman menargetkan penambahan puluhan ribu kamera e-TLE di beberapa kategori. Rinciannya, 3.465 kamera e-TLE statis, 1.472 kamera e-TLE weight in motion, 39.691 mobile handheld, 1.261 mobile on board, dan 737 kamera e-TLE portabel.

"Sedangkan yang dibutuhkan kami memiliki data masih cukup jauh, Bapak," kata Firman.

Firman berharap adanya dukungan anggaran dari pemerintah. Misalnya, hibah untuk menunjang kamera e-TLE.

"Mendorong kepada Dirlantas dan Kasat Lantas untuk juga merapat ke DPRD I maupun II masing-masing dengan harapan, apabila anggaran yang diturunkan ke Korlantas maupun ke polda-polda tidak mencukupi, kita harapkan adanya hibah dan lain sebagainya untuk menambah kekurangan anggaran ataupun sifatnya penambahan barang-barang," ujarnya.

Adanya kamera e-TLE, kata dia, efektif untuk meminimalkan pelanggaran. Penggunaan alat ini mencegah terjadinya konflik antara petugas dan masyarakat.

"Mampu memberikan pelayanan prima di bidang keamanan keselamatan hukum administrasi maupun kemanusiaan. Mencegah konflik antara petugas dan masyarakat serta mencegah terjadinya penyimpangan," tegas dia.sinpo

Komentar: