Cegah Kolesterol Tinggi Saat Iduladha, Es Timun Serut Solusinya

Laporan: Rias Audis
Rabu, 28 Juni 2023 | 18:25 WIB
Es timun serut (SinPo.id/ Tangkapan layar YouTube)
Es timun serut (SinPo.id/ Tangkapan layar YouTube)

SinPo.id - Perayaan Iduladha identik dengan maknan yang banyak mengandung lemak. Seperti rendang daging, opor ayam, hingga aneka kudapan manis sebagai camilan.

Makanan tersebut bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk mengatasi kekhawatiran itu, tak ada salahnya untuk menyajikan es timun serut untuk menetralisir lemak dari makanan yang dikonsumsi.

Dikutip dari Healthline.com, mentimun efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi, karena kaya akan potasium, mangan, vitamin K, dan C. Selain itu, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membuat tubuh tetap terhidrasi.

Begini cara menyajikan es timun serut. Pertama, potong bonggol timun agar es timun tidak pahit. Kupas kulit timun, belah dua timun lalu buang bijinya.

Serut timun dengan bentuk memanjang dengan pengupas buah. Jika tak punya alat ini gunakan parutan biasa, atau anda bisa menggunakan garpu untuk mengerok mentimun.

Setelah timun diserut, siapkan wadah dan masukan timun serut, biji selasih, sirup melon, air dan es batu. Beri perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga tercampur rata.

Jika tidak suka sirup melon, bisa ganti dengan gula rendah kalori yang dilarutkan air panas dan dicampur ke dalam campuran es timun serut tadi. Es timun serut selasih siap disajikan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI