Vaksinasi Polio Penting Bagi Anak

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 22 Juni 2023 | 12:06 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan vaksinasi polio bagi anak sangatlah penting dalam rangka mewujudkan program Indonesia Emas 2045, sekaligus menjadikan Indonesia yang sehat dan maju.

"Karena Polio penyakit yang dapat merenggut kesempatan Indonesia emas di tahun 2045. Tentu kita tidak dapat membayangkan bahwa di dalam Indonesia yang maju masih ada penyakit seperti polio," kata Puan, dikutip Kamis 22 Juni 2023.

Ia juga meminta masyarakat untuk selalu waspada, karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pernah mendeklarasikan Kejadian Luar Biasa (KLB) polio pada tahun 2022. Sehingga pemerintah juga tidak boleh lengah terhadap penyakit-penyakit seperti polio.

Selain itu, Puan juga menekankan pentingnya vaksinasi polio dosis kedua bagi anak. Sebab kelengkapan imunisasi pada anak merupakan hal penting untuk mempertahankan Indonesia bebas polio dan mewujudkan eradikasi polio global tahun 2026.

"Penambahan IPV dosis kedua akan meningkatkan perlindungan terhadap semua virus polio, termasuk Virus Polio Tipe 2," ungkapnya.

Meski demikian, ia juga sadar betapa sulitnya mendapatkan kepercayaan masyarakat mengenai pemberian vaksin. Oleh karena itu, Puan mendorong Pemerintah untuk menggencarkan sosialisasi kepada rakyat akan bahaya dari polio. Dengan begitu, masyarakat dapat semakin percaya dan terhindar dari hoax terkait pemberian imunisasi IPV pada anak.

"Kita sudah tahu bagaimana cara menyukseskan vaksinasi dari pengalaman Pandemi kemarin, jadi tinggal kita aktivasi kembali pengetahuan dan pengalamannya kita untuk melawan Polio," katanya menambahkan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI