Gandeng Bundesliga, Erick Thohir Dinilai Ingin Liga Indonesia Terbaik di ASEAN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 10 Juni 2023 | 16:34 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Istimewa.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Istimewa.

SinPo.id - Langkah Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang melakukan sejumlah gebrakan dinilai untuk memajukan sepak bola Indonesia. Erick Thohir dianggap tidak hanya ingin menjadikan Indonesia sebagai  macan Asia, tetapi bisa meningkatkan kualitas ke level dunia.

"Kita menyambut baik semua upaya untuk memajukan sepakbola Indonesia ke pentas dunia," kata Pakar Manajemen Prestasi Olahraga dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Djoko Pekik Irianto kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 10 Juni 2023.

Erick Thohir sendiri terus melakukan terobosan brilian sejak didapuk sebagai orang nomor satu di PSSI. Kali ini, Menteri BUMN itu berhasil menjalin kerja sama dengan operator Bundesliga, Deutsche Fussball Liga (DFL).

Kerja sama tersebut untuk menjadikan kompetisi sepak bola terutama Liga 1 menjadi yang terbaik di kawasan. Salah satu aspek kerja sama yang dijalin, yakni pengembangan sepak bola usia muda.

Djoko Pekik menilai langkah ini dapat mendorong sepak bola Indonesia lebih baik. Selain itu, mampu memberikan dampak positif bagi sepak bola Indonesia, khususnya Liga Indonesia menjadi yang terbaik di ASEAN. 

"Belum langsung menjamin bagus ya, namun bisa memberi dampak positif untuk memodernisasi kompetisi atau Liga Indonesia terbaik di ASEAN," ucapnya.

Guru Besar Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menyoroti salah satu poin dalam kesepakatan antara PSSI dan DFL Jerman, yakni pengembangan usia muda. Dia menyebut pengembangan usia dini sangat penting dalam sepak bola, apalagi untuk jangka panjang yakni persiapan pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia ke depan.

"Pengembangan usia muda justru paling penting, karena akan menopang Timnas Indonesia yang tangguh ke depan," kata dia.

Untuk itu, Djoko Pekik meminta Erick Thohir dan PSSI secara umum konsisten dengan program-program kerja yang sudah direncanakan untuk sepak bola Indonesia ke depan. Sebab, kepengurusan PSSI sebelumnya pernah menjalin kerja sama dengan Jerman, namun kerjasama tersebut tidak berjalan baik alias putus di tengah jalan.

"Harus konsisten terus menerus, karena keberhasilan sebuah program butuh waktu panjang. Dulu PSSI juga pernah kerjasama dengan German (Coach Timo) namun tidak berlanjut," kata Djoko Pekik. 

Sebelumnya, Erick Thohir membagikan kabar gembira tersebut di akun Twitter pribadinya @erickthohir yang diunggah pada Rabu, 9 Juni 2023.

"Kami sudah mengikat MoU dengan penyelenggara Bundesliga, Deutsche Fussball Liga (DFL) untuk menjadikan Liga Indonesia yang terbaik di Asia Tenggara," ucap Erick dikutip dari Twitter miliknya, Jumat, 9 Juni 2023.

Kerja sama PSSI dengan DFL ini juga meliputi ke pembinaan usia muda, manajemen liga dan klub, manajemen stadion, suporter, keamanan, media, dan lisensi klub. Menurut Erick, langkah ini dilakukan guna meningkatkan kualitas liga dan menghasilkan pemain-pemain terbaik untuk Timnas Indonesia.

"Ini langkah nyata kami bekerja sama dengan salah satu liga terbaik dunia, agar bisa meningkatkan kualitas liga dan menghasilkan pemain-pemain terbaik di Tim Nasional Indonesia," ucap Erick.

 sinpo

Komentar: