Tilang Manual Kembali Berlaku, Polda Metro: Jangan Takut dengan Polisi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 10 Juni 2023 | 15:27 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (SinPo.id/ Humas Polda Metro)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (SinPo.id/ Humas Polda Metro)

SinPo.id - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, menyatakan tilang manual bukan ditujukan untuk menilang sebanyak-banyaknya pengendara. Dia mengatakan tilang manual ditujukan sebagai edukasi agar warga taat aturan berlalu lintas.

“Bahwa tilang manual yang sudah kita berlakukan kembali adanya tujuannya, sekali lagi saya ingatkan, bukan untuk kita banyak-banyak menilang. Tapi sebetulnya memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa seluruh ruas jalan ini sudah ada petugas, yang pasti apabila melihat pelanggaran pasti akan dilakukan penindakan,” kata Latif dilansir laman Korlantas Polri, Sabtu, 10 Juni 2023.

Latif mengimbau masyarakat tak takut dengan polisi yang bertugas. Dia menyebut tilang manual bukan untuk mempersulit masyarakat.

“Jadi kami melakukan tindakan itu bukan untuk menyulitkan para pengguna jalan, tapi untuk mengingatkan untuk menjaga keselamatan mereka,” jelasnya.

Latif menambahkan penindakan pelanggar lalu lintas tidak cuma dengan tilang. Menurutnya, mengingatkan masyarakat soal pelanggaran yang dilakukan juga bentuk penindakan.

“Penindakan ini tidak konotasinya harus dengan tilang, ada tahapannya, semua kegiatan kepolisian yang mengingatkan kepada pelanggar, itu adalah suatu tindakan,” terangnya.

Latif mengatakan pengembangan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) masih terus dilakukan.

“Walaupun yang tetap kita kembangkan adalah e-TLE statis maupu e-TLE mobile yang ada di Jakarta ini. Tilang ini adalah untuk mengimbangi saja yang manual. Tetapi yang akan kita kembangkan terus adalah e-TLE mobile maupun e-TLE statis yang ada di Jakarta ini,” pungkasnya.sinpo

Komentar: