NasDem Tak Masalah Demokrat Membisikkan Nama AHY ke Anies

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 10 Juni 2023 | 14:44 WIB
Bendum Partai NasDem Ahmad Sahroni (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Bendum Partai NasDem Ahmad Sahroni (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Partai NasDem menyebut setiap partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) menginginkan kadernya menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan. Partai besutan Surya Paloh itu bahkan tak masalah jika Partai Demokrat membisikkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Anies.

"Yang kemarin saya sampaikan semua partai pasti ingin kader terbaiknya jadi pendamping bacapres Anies," kata Bendum Partai NasDem Ahmad Sahroni kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 10 Juni 2023.

Sahroni menyebut soal bakal cawapres pendamping Anies hanya diketahui tim yang dekat dengan Anies. Setiap masukan yang datang ke Anies merupakan hal lumrah apalagi demi kebaikan bangsa.

"Tapi semua itu yang tahu hanya para beliau-beliau, namanya usaha kan boleh-boleh saja untuk saran dan masukan. Semua tokoh-tokoh bangsa ini layak jadi pemimpin negeri tercinta kita," ujarnya.

Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, sebelumnya membantah Partai NasDem yang menyebut Partai Demokrat memaksakan Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi cawapres Anies.

Dia menegaskan sejauh ini semua anggota KPP selalu menggunakan piagam kerja sama sebagai pedoman. Piagam kerja sama tiga partai bertanggal 14 Februari 2023 antara lain menyatakan bahwa Anies Baswedan diberi mandat untuk memilih dan menetapkan cawapres sebagai pendamping dalam Pemilu 2024, proses pemilihan pasangan telah mendekati final.

"Partai-partai sejak awal telah bersepakat memberikan mandat kepada capres pilihannya. Karena itu tidak mungkin ada yang bisa memaksakan harus dengan nama tertentu, atau apriori menolak nama tertentu. Kami syukuri, kesepakatan ini menjadi jalan keluar yang dapat menghindari kebuntuan," kata Sudirman Said beberapa waktu lalu.

 sinpo

Komentar: