Luhut: Investor Singapura Antusias Sambut Pembangunan IKN

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 09 Juni 2023 | 14:38 WIB
Luhut Binsar Panjaitan (Sinpo.id/Antara)
Luhut Binsar Panjaitan (Sinpo.id/Antara)

SinPo.id -  Menteri Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan investor di Singapura menyabut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditawarkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dengan sangat antusias.

"Mereka sangat antusias dan berharap atau harus 17 Agustus tahun depan harus di sana," kata Luhut dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Jumat 9 Juni 2023.

Menurutnya, Pemerintah melalui tim percepatan pembangunan IKN, tengah mempersiapkan insentif, status tanah, model bisnis, serta pengembangan kawasan yang ramah terhadap investasi. Semua itu ditargetkan untuk selesai pada 27 Juli.

"Harganya berapa, bagaimana, dan siapa yang mau beli dan mau masuk bisa kita lakukan. Kerjasama ini kita buka, dan bidang saya diberikan, dengan Abu Dabi dengan INA, dan kemudian China," paparnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengajak para investor Singapura untuk berinvestasi dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN), yang memiliki konsep kota pintar masa depan berbasis alam.

“Saya sarankan Anda untuk tidak menunggu terlalu lama. Ini adalah kesempatan emas yang sangat menarik di Indonesia dan Anda bisa menjadi bagian di dalamnya,” kata Jokowi dalam pidatonya pada Ecosperity Week 2023, dikutip Kamis 8 Juni 2023.

Ia menjelaskan, pembangunan IKN sudah dimulai dengan pembangunan infrastruktur dasar dengan pusat pemerintahan yang ditargetkan rampung tahun depan.

Bahkan pada tahap awal, Indonesia telah menyiapkan 300 paket investasi dengan total nilai USD2,6 miliar di berbagai bidang seperti perumahan, transportasi, energi, teknologi, dan sebagainya.sinpo

Komentar: