India Pastikan Tidak Mengundang Presiden Ukraina dalam KTT G20

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 09 Juni 2023 | 08:55 WIB
Hubungan India dan Ukraina (Sinpo.id/twitter)
Hubungan India dan Ukraina (Sinpo.id/twitter)

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar mengkonfirmasi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, tidak akan menghadiri atau berpartisipasi dalam konferensi utama G20 di Delhi.

“Partisipasi G20 adalah untuk anggota G20. Sedangkan untuk negara dan organisasi yang telah kami undang, daftar itu telah kami umumkan segera setelah kami menjadi presiden G20," kata Jaishankar, dilansir dari The Independent, Jumat 9 Juni 2023.

India, yang telah mengambil sikap netral dalam invasi Rusia ke Ukraina, menghadapi pertanyaan atas ketidakhadiran Zelensky dalam KTT G20. Padahal tahun 2022, Indonesia mengundang Zelensky untuk menghadiri KTT di Bali secara virtual.

Mengundang Ukraina bagi India tentu merupakan hal yang berat, mengingat negara itu memiliki ikatan kuat dengan Rusia baik dalam diplomasi maupun perdagangan. Terlebih Delhi juga meningkatkan pembelian energi Rusia sejak invasi dan terus menjadi pembeli senjata terbesar dari Moskow.

Meski demikian, Ukraina mengaku telah mendesak partisipasi Zelensky dalam KTT G20 selama kunjungan wakil menteri luar negeri pertamanya ke New Delhi pada 11 April lalu.

“Pesan saya selama kunjungan tersebut adalah, mari kita pertimbangkan partisipasi pejabat Ukraina pada KTT G20 yang akan diadakan di India. Selama KTT G20 September, presiden saya juga akan dengan senang hati berbicara atas nama rakyat Ukraina,” kata Emine Dzhaparova.

Menanggapi desakan tersebut, Jaishankar mengatakan bahwa hubungan India dengan Rusia tetap stabil dan tidak akan tergoyahkan, terlepas dari berbagai peristiwa dunia.

“Kami tidak membiarkan masalah Ukraina mempengaruhi hubungan kami dengan Rusia,” katanya, menambahkan bahwa itu karena kepemimpinan India dan Rusia memahami pentingnya hubungan India-Rusia yang stabil untuk stabilitas di Eurasia.sinpo

Komentar: