DPR Minta Pembangunan oleh Kementerian PUPR Tak Hanya Berfokus pada IKN

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 07 Juni 2023 | 17:16 WIB
Pembangunan di IKN (SinPo.id/ Dok. PUPR)
Pembangunan di IKN (SinPo.id/ Dok. PUPR)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI, Eddy Santana Putra, meminta pembangunan yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak hanya berfokus pada Ibu Kota Nusantara (IKN), tetapi juga harus merata ke seluruh daerah.

Pasalnya, Kementerian PUPR mengajukan tambahan anggaran sekitar Rp7 triliun hingga Rp8 triliun. Sementara total anggaran IKN sebesar Rp23,6 triliun yang ditentukan tahun lalu itu, pembangunan IKN pada tahun 2023 bakal berfokus untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Namun, daerah lain di Indonesia juga membutuhkan perhatian, sebab masih banyak infrastruktur maupun jalan yang kurang memadai. 

“Daerah lain juga perlu perhatian terutama infrastrukturnya masih banyak yang tertinggal, Kementerian PUPR perlu bijak dalam menggunakan anggarannya jangan fokus untuk satu tempat,” kata Eddy, dalam Rapat Kerja dengan Menteri PUPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 7 Juni 2023.

Lebih lanjut, kata Eddy, Pemerintah juga harus cermat dalam menggunakan anggaran IKN sehingga tidak menimbulkan dampak kepada masyarakat. Apalagi pembangunan IKN membutuhkan anggaran yang sangat besar.sinpo

Komentar: