Penyebab Prabowo di atas Dua Sahabatnya

Oleh: Hariqo Satria
Selasa, 06 Juni 2023 | 19:36 WIB
Direktur Eksekutif Komunikonten Hariqo Satria. (SinPo.id/Dok. Komunikonten)
Direktur Eksekutif Komunikonten Hariqo Satria. (SinPo.id/Dok. Komunikonten)

SinPo.id - Menurut saya, pernyataan Prabowo "Mas Anies dan Mas Ganjar itu sahabat saya" nempel di benak masyarakat, dan berpengaruh pada cara setiap orang, tim sukses, relawan berjuang di media sosial, di darat dan bisa jadi di TPS nanti.

Sekurangnya, ada tiga hal yang menyebabkan Prabowo Subianto di atas dua sahabatnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam beberapa survei terakhir.

Pertama, di media sosial, Anies ingin terlihat nasionalis, dan ganjar ingin terlihat agamis. Sedangkan Prabowo lebih otentik.

Seperti kata Budayawan dan Guru Teater, Sudjiwo Tedjo "dari tiga capres ini, yang apa adanya, yang paling tidak plastik, hanya Prabowo Subianto."

Kedua, masyarakat ingin pemilu 2024 berjalan damai dan berkualitas, seperti yang istiqomah disampaikan oleh Prabowo Subianto sejak lama di pelbagai tempat.

Selain terlibat sejak muda menjaga perdamaian di Indonesia, Prabowo terlihat juga mewujudkan perdamaian dunia, dengan pro aktif menyampaikan usulan untuk mendamaikan Russia dan Ukraina. Ini amanat UUD 1945.

Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan: Ada pesan yang selalu disampaikan Pak Prabowo di pelbagai forum internasional, yaitu pentingnya perdamaian dunia. Pak Prabowo itu cinta perdamaian, Pak Prabowo hafal dan sangat menjiwai semangat perdamaian dalam pembukaan UUD 1945.

Ketiga, Prabowo lebih merdeka dibanding Ganjar dan Anies. Masyarakat lebih menghayati perkataan Prabowo ketimbang Ganjar dan Anies.

Jadi kalau Prabowo bicara ya itu Prabowo. Kalau Ganjar yang bicara, bisa jadi itu titahnya Megawati, pesanan petinggi partai atau konsultannya, dan kalau Anies yang bicara, boleh jadi itu titipan dari para petinggi partai pendukungnya.

Ganjar adalah petugas partai yang pernah membuat pernyataan kontroversial, sehingga mengubur mimpi Presiden RI Jokowi dan seluruh masyarakat sepakbola Indonesia untuk menjadikan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20.

Sedangkan Anies Baswedan bukan kader Partai, sehingga ia sering kebingungan mengikuti kepentingan politik dari tiga partai pengusungnya.

Yang terbaru, Anies bahkan diancam secara terbuka oleh Partai Demokrat agar segera mengumumkan Cawapres, karena menurut Partai Demokrat, semakin merosotnya elektabilitas Anies, disebabkan oleh belum diumumkan nama Cawapres.

Demikian dari saya, selamat ulang tahun Bung Karno, 6 Juni 1901 - 6 Juni 2023.

"Untuk mewujudkan Indonesia yang berdiri diatas kakinya sendiri, harus di wujudkan oleh pemimpin yang bisa berdiri sendiri membela rakyat nya".

Mohon maaf, terima kasih dan hormat saya.

 

Hariqo Satria, Direktur Eksekutif Komunikonten, Alumnus Sekolah Pemikiran Pendiri Bangsa (SPPB) Megawati Institute dan Pascasarjana Universitas Paramadina Jurusan Diplomasi Internasional.sinpo

Komentar: