Mario Dandy Pasang Borgol Kabel Ties Sendiri, Kuasa Hukum: Itu Reaksi Spontan

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 06 Juni 2023 | 16:32 WIB
Mario Dandy (Sinpo.id/Youtube)
Mario Dandy (Sinpo.id/Youtube)

SinPo.id - Kuasa hukum Mario Dandy Satriyo, Andreas Nahot Silitonga, angkat bicara soal video kliennya yang terlihat memasang sendiri borgol dari kabel ties yang viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Andreas menyatakan bahwa peristwa itu merupakan reaksi spontan Mario.  Menurutnya, tak ada unsur kesengajaan dari Mario kala itu.

"Itu sebenarnya reaksi yang bisa dibilang wajar, juga bisa dibilang nggak wajar, tapi kalau menurut saya itu reaksi yang spontan ya. Tapi itu bukan keceriaan, tapi itu pesan luka, itu sih yang bisa kami sampaikan," ujar Andreas di PN Jaksel, Selasa, 6 Juni 2023.

Andreas menuturkan, reaksi dan perilaku Mario Dandy dilatarbelakangi lantaran dirinya tertekan atas kasusnya dan kasus orang tuanya. Meskipun, Mario Dandy tampak tersenyum di video tersebut. 

"Itu reaksi yang nggak bisa diukur, dalam keadaan orang yang sangat tertekan. Ya kita bisa bayangin sendiri ya, untuk kasus yang seperti ini pada umumnya, itu hanya terhadap dirinya sendiri gitu loh dipertanggungjawabkan. Sekarang yang mempertanggungjawabkan itu, ikut juga keluarganya, ayahnya, ibunya juga terdampak," tuturnya. 

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menjelaskan video yang viral di media sosial yang memperlihatkan saat MDS alias Mario Dandy Satriyo (20) menggunakan kabel ties (kabel pengikat) sendiri merupakan hasil pengeditan dua rekaman dari peristiwa yang berbeda. 

"Video tersebut merupakan dua peristiwa yang melalui proses pengeditan digabungkan menjadi satu frame dengan menambahkan teks dan efek latarbelakang suara sehingga menimbulkan persepsi negatif," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 27 Mei 2023.sinpo

Komentar: