45 Jenazah Korban Kecelakaan Kereta Api di India Berhasil Diidentifikasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 06 Juni 2023 | 11:32 WIB
Kondisi kereta api yang bertabrakan di India (Sinpo.id/AP)
Kondisi kereta api yang bertabrakan di India (Sinpo.id/AP)

SinPo.id -  Sekitar 45 jenazah dari 275 orang yang tewas akibat kecelakaan kereta paling mematikan di India telah berhasil diidentifikasi. Sementara 33 jenazah di antaranya telah diserahkan kepada kerabat korban.

"Ini pertama kalinya saya berurusan dengan hal seperti ini. Ini merupakan pengalaman yang sangat sulit. Saya di forensik, jadi saya terbiasa berurusan dengan mayat, tapi tidak seperti ini," kata Utkal Keshari Suna, dokter senior di rumah sakit Bhubaneshwar, dilansir dari VoA, Selasa 6 Juni 2023.

"Mengerikan. Waktu juga telah berlalu, begitu banyak mayat yang mulai membusuk, sehingga semakin sulit untuk mengidentifikasi mereka," imbuhnya.

Seperti diketahui, kecelakaan yang terjadi pada hari Jumat tersebut adalah salah satu bencana kereta api terburuk dalam sejarah India. Penyelidik mengatakan, kegagalan sinyal mungkin menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Tabrakan itu melibatkan dua kereta penumpang, Coromandel Express, yang melakukan perjalanan dari Howrah di negara bagian Benggala Barat ke Chennai di negara bagian Tamil Nadu. Serta Yesvantpur-Howrah Superfast Express yang melakukan perjalanan dari Bengaluru di Karnataka ke Howrah.

Akibatnya, 123 kereta yang dijadwalkan melewati Odisha dibatalkan atau ditunda. Gangguan itu bahkan menyebabkan tarif penerbangan ke Odisha melonjak, mendorong kementerian penerbangan sipil India untuk memperingatkan maskapai penerbangan atas lonjakan harga.sinpo

Komentar: