Sukses Kerjakan Banyak Hal, Erick Thohir Dianggap Layak Jadi Role Model Pemimpin

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 05 Juni 2023 | 14:55 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. Istimewa.
Menteri BUMN Erick Thohir. Istimewa.

SinPo.id - Pengamat politik Silvanus Alvin menilai kerja Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir patut mendapat apresiasi besar dari publik. Sebab, Erick Thohir dinilai sukses dan berhasil di berbagai bidang yang dikerjakan.

Keberhasilan itu bahkan diakui dari hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang menempatkan nama Erick Thohir di puncak klasemen cawapres yang paling diunggulkan di Pilpres 2024. Nama Erick Thohir bahkan unggul dari sosok seperti Sandiaga Uno, Ridwan Kamil hingga Mahfud MD. 

Menurut dia, tingginya keterpilihan Erick Thohir sebagai cawapres ini karena selalu berhasil menjalankan tugas dan amanah yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), baik sebagai Menteri BUMN, Ketua Panitia Asian Games (INASGOC) 2018, Ketua Tim Pemenangan Presiden Jokowi. 

Kemudian, ketua panitia pernikahan keluarga Jokowi. Terakhir, sebagai Ketua Umum PSSI yang berhasil membawa pulang medali emas di SEA Games 2023, setelah penantian 32 tahun.

"Diversifikasi jabatan yang diemban oleh Erick Thohir menunjukkan dua hal. Pertama, ia memiliki kinerja positif dan bertanggung jawab atas semua jabatan yang diberikan. Kedua, Erick Thohir punya nilai politik tinggi karena tanpa punya value tinggi, maka tiap jabatan yang diemban akan penuh kegaduhan di sisi internal," kata Alvin kepada wartawan, Jakarta, Senin, 5 Juni 2023.

Akademisi dark Universitas Multimedia Nusantara (UMN) itu menilai sosok Erick Thohir layak menjadi role model pemimpin pekerja dan bertangan dingin. Sebab, tidak hanya memilik skill leadership yang kuat, tetapi juga ahli dalam manajerial. Terbukti, dari sekian tugas yang diberikan, selalu berhasil dengan tuntas dijalankan. 

"Poin yang tidak kalah penting adalah Erick Thohir termasuk wajah baru di politik Indonesia dan ini menjadi momen penting untuk regenerasi politik serta demokrasi di Indonesia. Oleh karena itu, sangat wajar ET berpeluang jadi Cawapres," ujarnya.

Alvin mengatakan kinerja positif Erick Thohir dapat memberi implikasi positif pada elektabilitas suara di Pilpres. Pada umumnya di soal ekonomi, kata dia, posisi Erick Thohir dapat menguntungkan capres yang kelak menjadi pasangannya.

"Karena dia merupakan pengusaha yang sehari-hari erat urusannya dengan ekonomi," ucap dia.

Oleh sebab itu, Alvin menilai Erick Thohir adalah putera terbaik bangsa yang tepat menjadi pemimpin berikutnya. Dia berharap agar partai politik (parpol) bisa memberikan ruang bagi Erick Thohir untuk tampil di Pilpres 2024.

"Kesimpulannya Erick Thohir adalah sosok anak bangsa yang pantas jadi cawapres. Masalahnya sekarang tiket emas itu sangat ditentukan dari negosiasi politik," kata dia.

Alvin juga menyoroti kedekatan Erick Thohir dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang kian terbuka saling memberikan dukungan. Bagi Alvin, PAN terus mendorong agar Erick Thohir bisa menjadi calon wakil presiden, baik untuk Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. 

"Erick Thohir dan PAN harus bahu membahu untuk bisa melakukan negosiasi agar bisa dapat tiket cawapres. Pada umumnya Erick Thohir cocok dan berpeluang dengan Ganjar. Di sinilah letak komunikasi politik menjadi penting," tegas dia.sinpo

Komentar: