Prabowo Usul Gencatan Senjata Segera Dilakukan di Ukraina: RI Siap Kirim Pasukan Perdamaian

Laporan: Martahan Sohuturon
Sabtu, 03 Juni 2023 | 22:59 WIB
Menhan Prabowo Subianto di IISS Shangri-La Singapura (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Menhan Prabowo Subianto di IISS Shangri-La Singapura (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengusulkan gencatan senjata segera dilakukan di Ukraina. Ia menyatakan, Indonesia siap untuk mengirimkan pasukan perdamaian guna mendukung diakhirinya perang di yang sudah menyebabkan kerusakan yang luar biasa dan banyak korban rakyat sipil.

Pernyataan itu disampaikan Prabowo saat menjadi panelis pada pembahasan 'Resolving Regional Tensions' di Pertemuan Shangri-La Dialogue di Singapura pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Prabowo memandang, perang di Eropa yang sudah berlangsung lebih satu tahun berdampak kepada kehidupan di seluruh dunia. Padahal tantangan yang dihadapi dunia semakin berat termasuk terus bermutasinya virus Covid-19.

“Yang pertama harus kita lakukan adalah meminta pihak Ukraina dan Rusia untuk menerapkan gencatan senjata,” ujar Prabowo dalam keterangan pers pada Sabtu, 3 Juni 2023

“Kedua, meminta kedua belah pihak mundur 15 km dari titik gencatan senjata sekarang ini. Kemudian langkah ketiga, meminta Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membentuk pasukan penjaga perdamaian dan menempatkan di wilayah demiliterisasi sekarang ini."

"Kemudian PBB menggelar referendum kepada masyarakat yang tinggal di wilayah demiliterisasi,” imbuh Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu berharap usulan penghentian perang ini disetujui oleh semua negara.

“Saya memutuskan bahwa Indonesia akan menjadi negara pertama yang ikut menjadi pasukan penjaga perdamaian,” ujar Prabowo.sinpo

Komentar: