Penumpang Diduga Jadi Penyebab Kecelakaan Kereta Api Maut di India

Laporan: Martahan Sohuturon
Sabtu, 03 Juni 2023 | 18:18 WIB
Kecelakaan kereta api di India (SinPo.id/Reuters)
Kecelakaan kereta api di India (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Direktur Eksekutif Kereta Api India Amitabh Sharma menduga penumpang menjadi penyebab kecelakaan kereta yang menewaskan ratusan orang di negaranya pada Jumat, 2 Juni 2023 malam.

"Dua penumpang kereta memiliki keterlibatan aktif dalam kecelakaan itu," kata Amitabh seperti dilansir dari AFP pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Tak hanya penumpang, kata dia, kereta ketiga yakni kereta barang yang terparkir di lokasi juga diduga menjadi penyebab dalam kecelakaan tersebut.

Insiden kecelakaan kereta api maut terjadi di Distrik Balasore di Negara Bagian Odisha, India pada Jumat, 2 Juni 2023. Lebih dari 288 orang tewas dan 900 lainnya terluka dalam kecelakaan yang melibatkan tiga rangkaian kereta api ini.

Juru bicara Kereta Api India Amitabh Sharma mengatakan, mulanya sebuah kereta penumpang tergelincir, kemudian gerbong-gerbongnya jatuh ke jalur yang berlawanan.

"Gerbong yang tergelincir menabrak kereta penumpang yang lain. Beberapa gerbong pada kereta kedua kemudian terlempar keluar dari jalur," kata Sharma, sambil menambahkan sebuah kereta barang juga terkena dampak kecelakaan tersebut. 

Perdana Menteri India Narendra Modi juga telah angkat bicara. Dia menyampaikan duka cita atas insiden mengerikan itu.

"Berduka atas kecelakaan kereta api di Odisha. Saya ikut berduka cita dengan keluarga para korban. Semoga mereka yang terluka segera pulih," tulis Modi dalam media sosialnya.sinpo

Komentar: