PILPRES 2024

Bantah PDIP Tertutup dengan Partai Lain, Megawati: Politik Itu Seperti Berdansa

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Juni 2023 | 22:24 WIB
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (SinPo.id/Laman PDIP)
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (SinPo.id/Laman PDIP)

SinPo.id - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, membantah kalau partainya tertutup bekoalisi dengan partai lain dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Jadi kalau ditanya kalau partai-partai apakah mau juga ke PDIP, kami ya terbuka saja, kami mana sih menutup diri? Enggak ada," kata Megawati, dalam Konferensi Pers, Jakarta, Jumat, 2 Juni 2023.

Menurutnya, berpolitik itu asik seperti berdansa, yang memiliki irama dan gerakan bersama. Namun ia mengaku masih mengaku terus mencermati dinamika politik jelang Pilpres 2024 dari kejauhan.

"Saya bilang pada anak buah saya, berpolitik asik, sebenarnya asik seperti berdansa tetapi kalau kita berdansa kita juga melihat dansa yang paling enak itu bagaimana, jadi saya mengamati dulu suasana politiknya bagaimana," ungkapnya.

Selain itu, Megawati juga tidak mempermasalahkan partai-partai yang sudah membentuk koalisi, seperti PAN yang sudah bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Karena menurutnya, hal itu sudah menjadi tugas konstitusional partai politik untuk mengusung Capres dan Cawapres di 2024.

Meski demikian, dalam pertemuan antara Megawati dengan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), belum ada kesapakatan bahwa PAN akan mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres mendatang.

"Ini pertemuan pertama kami, yang penuh kesederhanaan, persahabatan, saling pengertian, tapi ini kan pertemuan pertama, setelah ini sebagaimana kita partai politik, habis ini kami akan rapat, akan membahas," kata Zulhas usai pertemuan.sinpo

Komentar: