KEMAJUAN EKONOMI INDONESIA

Pemerintah Yakin Pengembangan KEK dapat Berkontribusi untuk Kemajuan Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Juni 2023 | 16:09 WIB
Ilustrasi KEK (SinPo.id/ Bea Cukai)
Ilustrasi KEK (SinPo.id/ Bea Cukai)

SinPo.id - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Plt Sekretaris Jenderal Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Susiwijono Moegiarso, mengatakan akan terus mendorong KEK sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Saat ini total jumlah KEK di Indonesia sudah mencapai 20, terdiri dari 17 KEK yang telah beroperasi dan tiga KEK dalam tahap pembangunan. Pada Kuartal I tahun 2023, capaian kumulatif realisasi investasi sebesar Rp117,8 triliun, dengan penciptaan lapangan kerja secara kumulatif sebanyak 63.416 orang.

Adapun untuk tahun 2023, target realisasi investasi baru sebesar Rp61,9 triliun dan target pembukaan lapangan kerja baru sebanyak 78.774 orang.

“Mudah-mudahan tahun-tahun ke depan investasi terus bertambah lagi sehingga KEK bisa berkontribusi nyata untuk kemajuan ekonomi Indonesia,” kata Susiwijono, dikutip Jumat 2 Juni 2023.

Ia berharap, keberadaan KEK mampu mendorong percepatan pemulihan ekonomi sekaligus terus menjaga ketahanan ekonominya, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Termasuk memberikan manfaat optimal dari sisi peningkatan ekspor, substitusi impor, maupun dari segi penyerapan devisa.

Selain itu, kata Susiwijono, KEK juga diharapkan menjadi motor penggerak perekonomian wilayah melalui penciptaan lapangan kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Saya ingin mengajak seluruh komponen stakeholders KEK untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari kita, baik dalam melakukan pekerjaan maupun dalam berinteraksi melakukan aktifitas usaha. Kita bersama-sama melangkah ke depan untuk memajukan ekonomi Indonesia,” tandasnya.sinpo

Komentar: