DPR Minta Masyarakat Jangan Memviralkan Pelancong Rusuh

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 02 Juni 2023 | 10:43 WIB
Dewi Coryati (Sinpo.id/DPR)
Dewi Coryati (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Anggota Komisi X Dewi Coryati mengingatkan masyarakat untuk tidak memviralkan sikap-sikap buruk para pelancong. Dikhawatirkan kejadian-kejadian yang viral di media sosial justru mencemari muruah penegakan hukum di Tanah Air.

"Jangan melakukan penghakiman sendiri, atau memviralkan hal-hal yang justru dapat mencemari martabat penegakan hukum Indonesia," kata Dewi kepada SinPo.id, Jakarta, Jumat, 2 Juli 2023.

Di sisi lain, dia mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) bersikap tegas dalam menegakkan disiplin dan aturan yang berlaku. Dia mengingatkan Indonesia punya aparat hukum sehingga baik turis warga negara asing (WNA) maupun WNI dapat diproses apabila melakukan hal yang melanggar aturan.

Selain itu, kata Dewi, kejadian-kejadian belakangan ini menjadi catatan evaluasi bahwa pemerintah pusat maupun daerah harus melakukan pembenahan sistem pengawasan turis yang datang.

"Karena hal ini juga menyangkut martabat pariwisata Indonesia," kata dia.

Dia menilai penegakan hukum di Bali saat ini sudah cukup responsif dan melakukan hal yang tepat. Dia berharap pemda lain bersikap sama tegasnya terhadap pelancong yang nakal.

"Masyarakat diimbau untuk tidak segan melaporkan turis, baik WNA ataupun WNI apabila menemukan pelanggaran-pelanggaran hukum atau norma yang mengganggu kenyamanan di masyarakat setempat. Pelaporan dapat dilakukan dengan baik dan benar dengan disertakan bukti," kata dia.sinpo

Komentar: