Survei Fixpoll: Prabowo Raup Suara Tertinggi di Atas Ganjar dan Anies

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 02 Juni 2023 | 09:52 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Lembaga survei Fixpoll Research and Strategic Consulting merilis hasil jajak pendapat terkait elektabilitas capres yang unggul di Pemilu 2024 mendatang.

Salah satunya wilayah yang dijadikan bahan penelitian adalah di Jawa Timur. Dalam simulasi 4 calon presiden, nama bakal capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto meraup suara terbanyak dengan 35,8 persen. Di bawah Prabowo ada Ganjar 30,3 persen, diikuti Anies Baswedan 10,5 persen dan Airlangga Hartarto sebesar 3,0 persen. 

Bahkan disebutkan juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi capres yang memiliki popularitas tertinggi di kalangan masyarakat Jawa Timur dengan tingkat keterkenalan sebesar 72,7 persen, disusul Ganjar Pranowo 68,8 persen, dan Anies Baswedan 64 persen.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Fixpoll Mohammad Anas dalam rilis surveinya yang digelar di Hotel Thamrin Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

"Hasil survei elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Pemilu 2024. Survei ini dilakukan pada 9 hingga 16 Mei 2023, dengan menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling," jelasnya.

Menurut dia survey melibatkan sebanyak 840 responden dengan margin of error +/- 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei dilakukan dengan cara wawancara langsung secara tatap muka menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih," kata Anas.sinpo

Komentar: