Fasilitasi Jemaah Haji di Mekkah, Kemenag Siapkan 450 Bus

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 01 Juni 2023 | 19:51 WIB
Bus yang disiapkan pemerintah untuk jemaah haji di Mekkah (SinPo.id/ Kemenag)
Bus yang disiapkan pemerintah untuk jemaah haji di Mekkah (SinPo.id/ Kemenag)

SinPo.id - Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan sebanyak 450 armada bus sholawat dan 230 petugas untuk memfasilitasi mobilitas serta aktifitas jemaah haji Indonesia selama beribadah di kota Mekkah, Arab Saudi. Bus ini tersebar di sebelas sektor wilayah dekat para jemaah beribadah, seperti di Mahbas Jin, Raudlah, Jarwal, Misfalah hingga yang terjauh kawasan Syisah.

“Untuk menyambut kedatangan jemaah, hari ini semua petugas transportasi sudah mulai menempati pos nya masing-masing dan siap melayani jemaah 24 jam penuh,” kata Kepala Daerah Kerja (Dakker) Mekkah, Khalilurrahman dalam keterangan tertulis, Kamis, 1 Juni 2023.

Khalil mengatakan, malam ini ada lima kelompok terbang (kloter) jamaah haji yang akan tiba di Mekkah. Tiga kloter tiba pada pukul 20.00 Waktu Arab Saudi (WAS) yang berasal dari Jakarta, Solo dan Makassar.

"Dan dua kloter jamaah haji akan tiba pada pukul 22.00 WAS, yaitu dari Aceh dan Medan," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Transportasi PPIH Arab Saudi Dakker Mekkah Asep Subhana mengatakan pemerintah menyediakan dua jenis bus sholawat yang akan digunakan oleh para jemaah. “Ada dua macam bus yang akan di gunakan jemaah, yang pertama bus dengan air suspensi khusus lansia dan disabilitas, bus ini dilengkapi dengan kursi khusus disabilitas dan tangga khusus untuk kursi roda,” kata Asep.

“Selain bus khusus lansia, juga ada bus yang lebih tinggi namun dilengkapi dengan seat priority bagi lansia,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Asep, pemerintah juga masih menyiapkan bus cadangan dengan jumah 10 persen dari total jumlah armada yang ada untuk mengantisipasi kerusakan bus dan penumpukan penumpang.

“Kami akan siap melayani jemaah mulai hari ini. Mudah-mudahan dapat membantu memudahkan semua langkah dan gerak aktifitas jemaah selama beribadah di tanah suci,” tandasnya.sinpo

Komentar: