Jokowi: Indonesia Negara Besar, Tak Boleh Didikte Siapa pun

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 01 Juni 2023 | 14:14 WIB
Presiden Joko Widodo saat memimpin upacara hari lahirnya Pancasila (Sinpo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo saat memimpin upacara hari lahirnya Pancasila (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia adalah negara besar. Indonesia bahkan harus duduk sejajar dengan bangsa lain sehingga tidak dapat didikte oleh negara mana pun dan siapa pun.

"Inilah Indonesia. Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapa pun, yang tidak dapat didikte negara mana pun, namun selalu siap berkontribusi bagi dunia," kata Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis, 1 Juni 2023.

Kepala Negara mengatakan Indonesia siap bekerja sama dengan negara mana pun. Dia bahkan ingin Indonesia menjadi titik temu atau jembatan dari perbedaan-perbedaan yang ada di dunia.

Menurut dia, ideologi Pancasila yang dipegang Indonesia membuat kepemimpinan negara diterima dan diakui dunia. Dia mencontohkan kegagahan Indonesia di mata negara asing, antara lain suksesnya pelaksanaan Presidensi G20 serta Indonesia yang memegang Keketuaan ASEAN pada tahun ini.

Hal itu merupakan bukti nyata bahwa Pancasila relevan tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga untuk dunia. Jokowi menilai toleransi persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh.

Oleh sebab itu, dia mengajak seluruh bangsa untuk menolak ekstremisme, menolak politisasi identitas, dan menolak politisasi agama. Terutama, menjelang Pemilu 2024.

"Mari kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasaan, dengan suka cita, dengan memegang teguh nilai Pancasila, memperjuangkan Indonesia maju yang sejahtera, serta adil berwibawa di kancah dunia," kata Presiden.sinpo

Komentar: