Puan Tekankan Pentingnya Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 01 Juni 2023 | 13:11 WIB
Puan Maharani di Upacara Hari Lahir Pancasila (Sinpo.id/Tim Media)
Puan Maharani di Upacara Hari Lahir Pancasila (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Dalam memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, Ketua DPR RI, Puan Maharani, menekankan betapa pentingnya menerapkan nilai-nilai pancasila dalam dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari individu, keluarga, masyarakat, hingga bangsa secara keseluruhan,

Kemudian ia juga menyoroti pentingnya pengaktualisasian Pancasila kepada generasi muda, sebagai calon pemimpin di masa datang. Karen generasi muda perlu memiliki pedoman yang berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara.

"Aktualisasi Pancasila bertujuan untuk menjaga keberlanjutan dan relevansi nilai-nilai luhur Pancasila dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman," kata Puan, Kamis 1 Juni 2023.

Selain itu, ia menyebut bahwa dalam pidato Bung Karno tanggal 1 Juni 1945, dijelaskan bahwa intisari dari Pancasila ialah gotong royong, bersatu untuk membangun negeri. Seperti makna dalam kalimat 'Holopis Kuntul Baris'.

Oleh sebab itu, Puan menekankan, agar generasi muda perlu diingatkan tentang pembelajaran sikap gotong royong, serta harus selalu diingatkan bahwa semua rakyat Indonesia memiliki peran dan kontribusi penting dalam masyarakat.

"Pembelajaran sikap gotong royong menjadi penting karena memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk memahami arti penting dari kerja sama dan saling membantu dalam kehidupan sehari-hari," paparnya.

Karena dengan pondasi berazaskan gotong royong, generasi muda dinilai akan mudah mengentaskan sikap anti-perbedaan dan keberagaman yang tengah menjadi ancaman penerus bangsa. Sehingga generasi muda harus dapat memahami Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa di tengah majemuknya bangsa Indonesia.

Di samping itu, Puan juga mengapresiasi adanya PP No 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk mendorong penanaman Pancasila kepada generasi muda. 

Namun menurutnya, pembelajaran Pancasila bagi generasi muda tak bisa hanya sekadar melalui pemahaman substansi dan teori. Tetapi juga harus ada upaya yang lebih modern dalam mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda.

“Saya percaya, generasi muda terus memegang teguh aktualisasi Pancasila berdasarkan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia yakni musyawarah, gotong royong, toleransi dan kerukunan antar sesama anak bangsa tanpa melupakan jati diri mereka,” tutup Puan.
sinpo

Komentar: