SISTEM PROPORSIONAL PEMILU

Soal Proporsional Tertutup, Musyawarah Hakim MK Diyakini Berlangsung Hingga Putusan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 29 Mei 2023 | 22:16 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari (SinPo.id/ Ashar)
Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menilai musyawarah Hakim Konstitusi masih bisa berlangsung dan mengalami pembaruan hingga menjelang pembacaan putusan dalam sidang terbuka. Termasuk, terkait gugatan sistem proporsional tertutup untuk Pemilu 2024.

"Proses musyawarah Hakim Konstitusi pun sebenarnya masih bisa terus berlangsung dan terus mengalami pembaharuan hingga beberapa saat jelang pembacaan putusan dalam sidang terbuka," kata Taufik dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, 29 Mei 2023.

Dia berharap informasi terkait putusan MK yang akan menerapkan kembali sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 itu keliru. Sebab, hasil musyawarah Hakim Konstitusi tidak boleh beredar keluar.

"Jika pun benar telah ada hasil musyawarah hakim seperti info yang disampaikan Prof. Denny Indrayana, saya berharap itu belum final dan para Hakim Konstitusi secara bijak akan melindungi hak rakyat ini dalam putusannya nanti," ujarnya.

Dia juga berharap informasi itu keliru, karena hak rakyat yang telah dinikmati dan berjalan dengan memberikan dampak positif bagi jalannya demokrasi menjadi terenggut apabila pemilu kembali menerapkan sistem proporsional tertutup.

"Ini bukan soal kepentingan partai-partai politik atau para calon legislatif saja, tapi sebenarnya lebih mendasar lagi, ini soal kepentingan rakyat dan hak yang terenggut," ucapnya.

Sebab, kata dia, rakyat sebelumnya telah memperoleh tambahan hak untuk mengetahui siapa calon anggota DPR yang akan mewakilinya, berikut rekam jejaknya dalam sistem proporsional terbuka yang diterapkan sejak 2009.

"Dan dapat menagih amanat yang telah diberikan langsung kepada anggota yang terpilih," kata dia.

Sebelumnya, informasi kebocoran putusan MK atas gugatan proporsional tertutup diungkap oleh mantan Wamenkumham Denny Indrayana. Dia mengeklaim memperoleh informasi mengenai putusan MK perihal sistem pemilu legislatif yang akan kembali ke sistem proporsional tertutup.sinpo

Komentar: