Bukit Lawang Orangutan Trail Sport Tourism pada Destinasi WIsata

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 29 Mei 2023 | 03:22 WIB
(foto:yayan/kemenpora.go.id)
(foto:yayan/kemenpora.go.id)

SinPo.id -  Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2023 di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) didorong sebagai sport tourism pada destinasi wisata. Indonesia berpotensi untuk menjadi destinasi utama bagi para pelari dan pecinta alam dari seluruh dunia. 

“Saya menyampaikam apresiasi dan rasa bangga terhadap acara luar biasa ini. Keindahan alam, olahraga bersatu,” kata  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo saat menghadiri BLOT di Terminal Puncak Desa Perkebunan Bukit Lawang, Langkat, Sabtu 27 Mei 2023. 

Dia menjelaskan, Bukit Lawang Orangutan Trail ini merupakan kompetisi lari yang menantang fisik. Sebab para peserta harus melewati trek hutan yang cukup menantang. Disamping itu para pelari disuguhkan dengan pemandangan alam Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

“Ya ini alamnya sangat mempesona. Melalui Bukit Lawang Orangutan Trail ini, kita tidak hanya memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menguji kekuatan dan ketahanan fisik mereka, tetapi juga untuk memperluas kesadaran akan pentingnya menjaga alam,” ujar Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito juga menekankan pentingnya untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif berolahraga. Diharap kegiatan semacam ini bisa menjadi inspirasi masyarakat untuk terus berolahraga. 

"Acara ini tidak hanya akan meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga akan menciptakan lapangan kerja dan kesempatan ekonomi bagi masyarakat setempat,” jelas Menpora Dito,” tuturnya. 

Bukit Lawang Orangutan Trail 2023 adalah promosi Bukit Lawang.

"Di mana sekarang jadi semua orang tahu bahwa di Bukit Lawang ini ada magnetnya yaitu orangutan dan sudah ada hotel yang bagus,” ujarnya.

Menurut Menpora Dito, event tersebut memberikan dampak perkembangan sport tourism di Bukit Lawang. Begitu juga dengan pengembangan serta pembinaan atlet. 

“Acara ini tentu punya dampak yang besar terhadap sport tourism. Kita ingin mengencangkan promosi daerah ini dengan menggabungkan antara turis, entertainment dan juga prestasi olahraga,” ujar Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito juga mendukung kegiatan serupa bisa terlaksana setiap tahunnya. Tak hanya itu, Menpora Dito berharap para investor bisa hadir dan sama-sama mendorong untuk pengembangan sport tourism. 

“Semoga event ini tidak hanya jadi event lokal tapi masuk ke nomor internasionalnya dan juga lebih banyak menarik atlet dunia untuk datang kesini. Ini sangat menarik Bukit Lawang,” jelas Menpora Dito. sinpo

Komentar: