DPR Imbau Para Jemaah Haji Saling Membantu Selama di Arab Saudi

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 28 Mei 2023 | 23:13 WIB
Ace Hasan Syadziliy (Sinpo.id/Golkar)
Ace Hasan Syadziliy (Sinpo.id/Golkar)

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengimbau agar para jemaah haji Indonesia saling membantu satu sama lain selama di Arab Saudi, lantaran banyaknya lansia yang masuk dalam daftar prioritas tahun ini.

Pasalnya, Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini telah memutuskan untuk meniadakan pendamping bagi jemaah lansia prioritas. Padahal jumlah jemaah haji lansia tahun ini mencapai 30 persen lebih atau sebanyak 62.879 jamaah.

"Dikarenakan banyaknya jemaah lansia maka mutlak diperlukan kerja sama dan saling menolong dari para sesama jemaah haji. Tidak perlu ada lagi ego jabatan, kedudukan, dan status sosial selama di Arab Saudi. Semua sama selama menunaikan ibadah haji," kata Ace, Minggu 28 Mei 2023.

Ia juga mengingatkan kepada para jemaah lansia agar tidak memaksakan diri saat saat menunaikan ibadah-ibadah sunnah, dan juga tidak memaksakan diri untuk shalat lima waktu di Masjidil Haram, karena dapat dilakukan di hotel.

"Karena bapak ibu sekalian, Kawasan hotel yang ditempati oleh para jemaah adalah masuk dalam Kawasan Harom, sehingga pahalanya masih sama. Simpan energi dan tenaga untuk persiapan wukuf di Arafah, di Muzdalifah, dan mabit serta lempar jumrah di Mina yang memerlukan tenaga ekstra," paparnya.

Oleh karena itu, kata Ace, perlu upaya ekstra untuk memberikan pelayanan kepada para jemaah lansia dan selalu diingatkan untuk tidak memaksakan diri mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat memporsir energi jemaah lansia yang diadakan oleh KBIH.sinpo

Komentar: