DAMPAK EKOLOGIS SLIME HOLE

Pengeboran Slime Hole di Sukabumi, DPR Ingatkan Soal Dampak Ekologis

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 27 Mei 2023 | 22:53 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Ribka Tjiptaning Proletariyati (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi VII DPR RI Ribka Tjiptaning Proletariyati (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI Ribka Tjiptaning Proletariyati mengingatkan pentingnya meminimalisasi dampak ekologis yang terjadi akibat eksplorasi dan pengeboran slime hole panas bumi yang dilakukan di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ditegaskannya, jangan sampai proyek yang bertujuan untuk memanfaatkan energi baru terbarukan ini malah menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Kalau misalnya nanti betul ada pengeboran atau eksplorasi itu harus dihitung benar supaya tidak berdampak kepada masyarakat. Misalnya terjadi ada gempa maupun tanah longsor yang merugikan masyarakat karena pernah terjadi ada di Kabandungan (yang disebabkan karena aktivitas pengeboran) yaitu Chevron itu. Jadi ini kan mumpung lagi (tahap persiapan jadi) dikaji kembali,” jelas Ribka dikutip dari laman Parlementaria, Sabtu, 27 Mei 2023. 

Menurut Ribka, sejauh ini tidak ada masalah yang disampaikan masyarakat terkait wilayah yang dilakukan pengeboran. Namun, pihaknya tetap mengingatkan dengan tegas terkait dampak ekologis yang mungkin saja muncul pasca pengeboran.

"Tapi harus diantisipasi supaya tidak ada masalah, atau dampak eksplorasi. Setiap eksplorasi itu pasti ada dampaknya sebenarnya. Dampaknya masalah kesehatan, pertanian, lingkungan misalnya, nah itu diantisipasi,” ucap politisi PDI Perjuangan ini.

Namun demikian, Ribka juga berharap dengan dilakukannya eksplorasi dan pengeboran slime hole panas bumi di Sukabumi dapat memunculkan alternatif energi. Sehingga bisa digunakan untuk mengurangi dampak polusi, dan emisi karbon.

"Kita ini sekarang sedang menuju green economy, energi baru terbarukan itu kan mengurangi dampak polusi, tetapi jangan sampai karena itu malah muncul dampak lain. Supaya kita betul-betul bahwa energi baru terbarukan ini bener-bener green, benar bersih dan tidak berdampak yang lain,” pungkasnya. sinpo

Komentar: