PENGEMBANGAN GAS PIPA

Dorong Energi Bersih, BPH Migas Dukung Pengembangan Gas Pipa Cisem

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 26 Mei 2023 | 22:51 WIB
Kepala BPH Migas, Erika Retnowati (SinPo.id/ Dok. BPH Migas)
Kepala BPH Migas, Erika Retnowati (SinPo.id/ Dok. BPH Migas)

SinPo.id - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Has Bumi (BPH Migas) terus mendorong pemanfaatan gas bumi di dalam negeri. Pipa Cirebon-Semarang yang lebih dikenal Cisem, merupakan proyek strategis yang akan menghubungkan ruas pipa di Pulau Jawa. 

Kepala BPH Migas Erika Retnowati menyatakan mendukung penuh pembangunan pipa Cisem dalam mendorong pemanfaatan gas bumi. Dia meyakini pipa Cisem bakal menjadi solusi pemanfaat gas di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

“Pipa Cisem dibangun tidak hanya memfasilitasi industri, tetapi menyediakan gas dengan harga yang terjangkau kepada masyarakat," kata Erika dalam keterangannya, Jumat, 26 Mei 2023.

Lebih lanjut, Erika menambahkan belum adanya pipa yang tersedia di ruas Cisem tersebut, menyebabkan gas dari Jawa Timur tidak bisa mengalir ke Jawa Barat.

"Sementara gas dari Jawa Timur sudah over supply, tapi tidak bisa dialirkan. Jadi, kami harap Pipa Cisem bisa mengatasi masalah tersebut,” tutur Erika. 

Sementara, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Hariyadi mengharapkan keberlanjutan proyek digarap secara serius dan optimal. Kehadiran pipa transmisi gas ruas Cisem sepanjang 60 km ini diproyeksikan  memberi dampak pada peningkatan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi.

“Pipa Cisem diharapkan dapat meningkatkan aksebilitas masyarakat terhadap gas bumi, khususnya industri yang sedang berkembang seperti Kawasan Industri Terpadu Batang, Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, dan Kawasan industri lainnya yang sedang dalam proses perencanaan," tutur Bambang.

Bambang berharap ketersediaan pipa transmisi ini dapat menumbuhkan perekonomian banyak sektor. "Yaitu sektor rumah tangga, komersil, transportasi, melalui jaringan distribusi gas bumi,” ucapnya.
 sinpo

Komentar: