UFO Terdeteksi di Turki, Aktivitas Bandara Terhenti Selama 12 Jam

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 23 Mei 2023 | 06:40 WIB
Ilustrasi bandara (Pixabay)
Ilustrasi bandara (Pixabay)

SinPo.id -  Unidentified Flying Object (UFO) terdeteksi di wilayah udara Bandara Gaziantep, Turki pada Sabtu 20 Mei 2023 tengah malam waktu setempat. Ini membuat operasional di bandara itu tutup selama 12 jam. 

Seperti dilansir Hurriyet Daily News, ada 26 penerbangan di bandara itu harus dibatalkan. Total, ada 26 penerbangan, terdiri atas 13 penerbangan keberangkatan dan 13 penerbangan kedatangan harus dibatalkan akibat penutupan bandara di Turki itu. Operasional penerbangan di bandara tersebut kembali normal setelah 12 jam. Ratusan penumpang berada di bandara menunggu penerbangan.

Para pilot melaporkan situasi itu kepada Menara Air Kontrol Lalu Lintas Udara (ATC) Gaziantep ada UFO pada ketinggian 9.000 kaki atau sekitar 2.743 meter di bagian selatan Provinsi Gaziantep 

Para pejabat setempat menyebut operator ATC setempat juga mengonfirmasi keberadaan objek terbang tak teridentifikasi itu.
Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut soal bentuk atau wujud dari objek terbang tak teridentifikasi itu. Asal objek terbang itu mengudara juga tidak diketahui secara jelas.

Hingga akhirnya, sejumlah penerbangan terpaksa ditangguhkan di Bandara Gaziantep. Beberapa pesawat yang dijadwalkan mendarat di Bandara Gaziantep harus dialihkan ke bandara lain yang ada di provinsi-provinsi lainnya, seperti Sanliurfa dan Adana. Selain itu, akibat keberadaan UFO itu sejumlah penerbangan maskapai Turkish Airlines dari Bandara Istanbul dan sejumlah penerbangan maskapai AnadoluJet dari Bandara Sabiha Gokcen menuju Gaziantep mengalami penundaan. Penerbangan kedua maskapai itu baru lepas landas dari Istanbul pada siang hari.

Saat insiden itu terjadi, pemberitahuan Notice to Air Missions (NOTAM) tidak diterbitkan dari 
Direktorat Utama Otoritas Bandara Negara Bagian (DHMI) Bandara Gaziantep. NOTAM merupakan peringatan dari otoritas penerbangan untuk memberitahu para pilot soal adanya pekerjaan, pelayanan, metode atau bahaya sepanjang rute penerbangan atau di suatu lokasi yang bisa mempengaruhi penerbangan dan setiap perubahan secara berkala diberitahukan kepada otoritas terkait operasional penerbangan.sinpo

Komentar: