Tekan Lonjakan Harga Telur dan Daging Ayam, Bapanas Salurkan Bansos

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 21 Mei 2023 | 16:03 WIB
Telur (Sinpo.id/Gettyimages)
Telur (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi, mengatakan akan terus mendistribusikan bantuan pangan berupa telur dan daging ayam dengan target 1,4 juta penerima, terutama untuk kategori keluarga risiko stunting (KRS).

Ia mengatakan, bantuan pangan tersebut merupakan upaya untuk menurunkan angka stunting, sekaligus berkontribusi menjaga stabilitas harga jual telur dan daging ayam di tingkat peternak.

"Selain itu, pendistribusian telur dan daging ayam secara gratis ini juga dipersiapkan untuk menekan lonjakan harga telur dan daging ayam di tingkat konsumen guna pengendalian inflasi," kata Arief melalui pernyataan tertulisnya, Minggu 21 April 2023.

Sasaran untuk bantuan pangan tersebut akan disebar di tujuh Provinsi, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Barat, dan Sumatera Utara. Bantuan tersebut akan disalurkan selama tiga tahap dalam tiga bulan ke depan.

Meski demikian, Arief memastikan bahwa Holding BUMN Pangan ID Food akan mempercepat penyaluran bantuan. Sehingga tahap pertama dapat segera rampung dan masuk ke tahap selanjutnya.

“Percepatan pendistribusian itu sangat penting. Karena dengan pendistribusian yang semakin cepat dan intens, peluang untuk mengintervensi keseimbangan dan stabilitas harga telur dan daging ayam di tingkat konsumen semakin besar," ungkapnya.

Adapun percepatan distribusi yang akan dilakukan, di antaranya melalui peningkatan fasilitasi distribusi stok telur dan daging ayam dari sentra produksi ke provinsi atau daerah yang terbatas stoknya, serta meningkatkan kerja sama kemitraan dengan peternak mandiri kecil.sinpo

Komentar: